Breaking News:

Dorong UMKM Tetap Tumbuh, PLUT KUMKM Fasilitasi Galeri untuk Pajang Produk di Area PRSU 

Dinas Koperasi dan UMKM Provsu di bawah kepemimpinan plt. Kepala dinas Dr. M. H. RIDHA HAYKAL AMAL, SH, MH terus mendorong agar pelaku UMKM tak sungka

IST
PLUT KUMKM ini berlokasi di area PRSU Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan. 

TRIBUNMEDAN.ID MEDAN - Pusat Layanan Usaha Terpadu bagi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM) adalah suatu unit layanan masyarakat yang memfasilitasi konsultan dengan 7 bidang yang berbeda dan galery tempat memasarkan produk2 unggulan kumkm provinsi sumatera utara dimana UMKM yang ada di Sumut bisa menitipkan produknya untuk dipasarkan.

Dinas Koperasi dan UMKM Provsu di bawah kepemimpinan plt. Kepala dinas Dr. M. H. RIDHA HAYKAL AMAL, SH, MH terus mendorong agar pelaku UMKM tak sungkan datang dan bergabung ke PLUT sehingga bisa mendapatkan berbagai manfaat.

"Bukan hanya galeri, di sini kita ada pendamping jaringan usaha, kelembagaan, produksi, SDM, pembiayaan, dan sebagainya. Semua pendampingan tersebut kita fasilitasi. Untuk itu para pelaku UMKM agar jangan sungkan datang ke PLUT," kata Kepala UPT PLUT KUMKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara Andri Mulia Sebayang kepada Tribun Medan, Selasa (22/12). PLUT KUMKM ini berlokasi di area PRSU Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan.

Kata Andri, secara keseluruhan ada beberapa keuntungan bagi UMKM yang menitipkan barangnya di PLUT KUMKM ini. Seperti dari sisi promosi, produk UMKM ini secara tidak langsung sudah terpromosi karena dipajang dan disaksikan para pengunjung PLUT.

"Selain itu jika ada pembinaan yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM, pelaku UMKM yang menitipkan barangnya di sini bisa berkesempatan lebih luas untuk ikut. Karena lebih mudah juga mendapatkan informasinya," katanya.

Dikatakannya di PLUT KUMKM ini juga ada tujuh konsultan. Bagi UMKM yang menitipkan barangnya di PLUT, bisa berkonsultasi tentang tantangan-tantangan yang dihadapinya dalam mengembangkan usaha.

Andri mengatakan, pelaku UMKM ini akan difasilitasi dalam hal perizinan seperti izin UMK (Usaha Mikro Kecil) yang diberikan secara gratis. Untuk UMKM yang menitipkan barangnya di sini juga tidak dikenakan biaya.

"Mereka hanya meletakkan barang saja, nanti setiap bulan akan dikabari berapa produk yang laku dan langsung ditransfer. Ke depannya kita membuat upaya agar UMKM bisa naik kelas," katanya.
Hingga saat ini ada sekitar 70 UMKM yang menitipkan produknya di PLUT KUMKM ini. Produknya beranekaragam mulai makanan hingga produk kerajinan tangan.

Dikatakannya, pengunjung PLUT KUMKM ini berasal dari berbagai daerah di Sumut. Selama pandemi dalam beroperasional PLUT KUMKM juga menerapkan protokol kesehatan.

"Selama pandemi ini bagi masyarakat yang berkunjung ke PLUT kita selalu ingatkan untuk melakukan 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Kita juga batasi jumlah pengunjung dalam waktu bersamaan dalam galeri," katanya.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Ismail
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved