Breaking News:

121 Napi Lapas Binjai Dapat Remisi Natal

Dalam rangka perayaan hari besar umat beragama, 121 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Binjai mendapat remisi khusus

TRIBUN MEDAN / HO
Perayaan Natal yang digelar keluarga besar Lapas Binjai. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Dalam rangka perayaan hari besar umat beragama, 121 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Binjai mendapat remisi khusus dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Tidak semua yang beragama Kristen mendapat remisi, melainkan yang memenuhi syarat.

"Warga kita juga merayakan perayaan Hari Natal yang berjalan khidmat, kondusif dan aman di Lapas Binjai. WBP Binjai yang mendapat remisi 121 orang yang beragama Kristen dari 155 orang," kata Kalapas Kelas II A Binjai, Maju Amintas Siburian, Minggu (27/12/2020).

Maju mengatakan bahwa 121 yang mendapat remisi telah memenuhi sejumlah syarat ketentuan.

Di antaranya berkelakuan baik selama proses pembinaan dalam menjalani masa hukuman, kurungan penjara di bawah lima tahun, telah menjalani 2/3 masa hukuman.

"Ada memang syarat dan ketentuan bisa mendapat remisi, dipenuhi 121 orang Wargab Binaan Lapas Binjai. Mereka yang kita usulkan," katanya.

Para napi yang mendapat remisi pada Natal 2020 hanya mendapat potongan masa tahanan. Tidak ada yang kebetulan langsung bisa bebas menghirup udara bebas.

Selain remisi, Perayaan Hari Natal yang digelar keluarga besar Lapas Binjai berjalan lancar dan penuh khidmat bersama para staf.

Perayaan Natal kali ini digelar secara virtual diisi dengan bernyanyi bersama lagu pujian, votum (introitus), liturgi, penyalaan lilin dan vocal grup wargabinaan.

Tema Natal di Lapas mereka menamakan-Nya Immanuel dengan subtema kiranya dengan perayaan Natal di masa Pandemi Covid-19 membawa keluarga untuk lebih sungguh-sungguh hidup dengan iman yang teguh dalam penyertaan Tuhan.

"Ibadah Natal tahun digelar virtual karena massa pandemi Covid-19. Namun, tidak menyurutkan semangat petugas dan wargabinaan dalam menjalankan ibadah," kata Maju.

Tokoh agama Kristen, Ev Citrha Elizabeth menutup perayaan Natal dengan memanjatkan doa kudus berama. Selanjutnya Kalapas berbagi kasih natal dengan Yayasan Karya Murni Johor dan Pusat Pelayanan Orangtua Sejahtera di Kelurahan Sukamakmur, Sibolangit, Deliserdang.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved