Breaking News:

Penanganan Covid

Adaptasi Kebiasaan Baru, Dinkes Sumut Ajak Masyarakat Berkawan dengan Corona

Dinas Kesehatan Sumut mengkampanyekan kepada masyarakat untuk tetap melakukan aktivitas di masa pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan

Penulis: Sofyan akbar | Editor: Juang Naibaho
Tribun Medan/Sofyan Akbar
Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Sumut Meidriani Ayu Siregar saat mengedukasi para peserta gowes terkait penyebaran virus Corona, Minggu (27/12/2020). 

Laporan wartawan Tribun Medan Sofyan Akbar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinas Kesehatan Sumut mengkampanyekan kepada masyarakat untuk tetap melakukan aktivitas di masa pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Apalagi, kata Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Sumut Meidriani Ayu Siregar, saat sekarang ini tengah berada di era new normal di mana masyarakat diharapkan untuk mengubah perilaku dan agar bisa berkawan dengan virus Corona.

"Covid-19 masih ada, dan mari kita mengubah perilaku kita untuk bisa berkawan dengan Corona," katanya, Minggu (27/12/2020).

Ia menyatakan mulai dari Maret 2020, Covid-19 sudah menyebar di wilayah Indonesia. Di mana penularan virus asal Wuhan ini melalui percikan air liur. "Jadi, ada tiga tempat yang paling sakral virus asal Wuhan ini masuk ke tubuh kita. Yakni dari mulut, hidung dan mata. Kemungkinan besar, dari tiga tempat itu," ujarnya.

Bisa juga, virus itu masuk melalui benda yang terkontaminasi seperti apabila tidak memakai masker ternyata sudah terjangkit virus Corona.

"Atau air liur kita kena benda yang disekitar kita. Tanpa kita sadari ada orang yang menyentuh benda yang sudah kena air liur kita. Kalau sudah sampai masuk ke dalam, muncul gejala pilek dan demam. Namun, tidak semua orang yang demam dan kena pilek itu Corona. Karena gejala sama," ungkapnya.

Virus Corona ini, juga menyebabkan sakit tenggorokan dan kalau sudah sampai masuk ke dalam tubuh, akan muncul rasa tidak bisa mencium aroma. "Dan makan tidak terasa asin dan asemnya. Ini sudah sampai kepada mereka terkena Covid-19," katanya.

"Kita harus menjaga bahwa kita jangan tertular atau menularkan ke orang lain. Maka pemerintah mengimbau sama-sama untuk protokol kesehatan melalui 3m, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," ujarnya.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona.

Mari cegah dan perangi persebaran Covid-19. Tribun Medan mengajak seluruh Tribuners untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak.

(akb/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved