Breaking News:

Okupansi Hotel di Kota Medan di Perayaan Tahun Baru Diperkirakan Capai 80 Persen

Untuk hotel bintang 4 dan 5 kenaikan jumlah pengunjung pada momen Natal dan Tahun Baru ini terlihat signifikan.

TRIBUN MEDAN/SEPTRIMA
SEJUMLAH tamu mengantre dengan menjaga jarak di Cambridge Hotel Medan beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kunjungan hotel pada saat Natal dan Tahun Baru mengalami perbaikan dibandingkan saat awal pandemi.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara memperkirakan okupansi hotel di daerah wisata bisa mencapai 100 persen. 

"Sedangkan okupansi hotel di Kota Medan kita perkirakan sampai akhir tahun akan bervariasi. Bisa mencapai 40 hingga 80 persen," kata Pjs. Ketua BPD PHRI Sumut Dewi Juita Purba kepada Tribun-Medan.com, Minggu (27/12/2020). 

Dewi  mengatakan, untuk hotel bintang 4 dan 5 kenaikan jumlah pengunjung pada momen Natal dan Tahun Baru ini terlihat signifikan.

Untuk di daerah wisata okupansi diperkirakan tetap tinggi hingga akhir tahun.

"Saat ini untuk daerah wisata, pemesanannya rata-rata penuh seperti di Parapat, Samosir, Balige, dan Berastagi. Sampai tadi malam pun masih banyak tamu yang walk in," katanya. 

Dikatakannya, pihaknya belum bisa memastikan apakah tingkat okupansi ini bisa berlangsung hingga akhir tahun. Hal ini karena kecenderungan tamu belakangan ini kebanyakan melakukan pemesanan sehari sebelum hari H. 

"Misalnya saat tanggal 24 Desember saat Natal, reservasinya belum begitu naik. Namun kemudian sudah penuh. Tapi memang untuk daerah wisata seperti Samosir tingkat okupansinya kita perkirakan bisa 100 persen," ungkapnya

Jika biasanya hotel-hotel di Kota Medan menyelenggarakan kegiatan countdown tahun baru, kata Dewi, tahun ini tidak diperbolehkan oleh pemerintah demi menghindari penyebaran Covid-19.

"Tahun ini tidak ada penyelenggaraan countdown. Hotel hanya menawarkan paket makan malam dan promo kamar. Tapi itu juga dibatasi hingga jam 21.00 WIB saja. Peraturan ini juga berlaku untuk restoran," katanya. 

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved