Breaking News:

INILAH Pada Umumnya 7 Gejala atau Tanda-tanda Seseorang Terjangkit Virus Corona (Covid-19)

Beberapa orang dengan Covid-19 menunjukkan gejala kurang khas seperti; mual, diare, delirium, lesi mirip cacar air, dan masih banyak lagi.

HO
POTRET TERKAIT Petugas kesehatan RSU Haji Medan saat menangani jenazah serang pasien terduga Covid-19 sebelum dimakamkan dengan protocol Covid, Senin (4/5/2020). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Gejala atau tanda-tanda terjangkit virus Corona atau Covid-19 yang paling banyak dikenal awam adalah demam, batuk, dan kesulitan bernapas. 

Memang agak sulit membedakan, seseorang itu terkena penyakit flu atau batuk karena musiman (cuaca ekstrem), karena masuk angin plus kelelahan, atau karena Covid-19 sebelum dilakukan pemeriksaan ke dokter.

Namun seperti kita tahu, itu demam batuk atau kesulitan bernafas bukan satu-satunya gejala yang menandai seseorang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Beberapa orang dengan Covid-19 menunjukkan gejala kurang khas seperti; mual, diare, delirium, lesi mirip cacar air, dan masih banyak lagi. Itu semua tergantung sejauh mana kedayatahananan tubuh masing-masing orang.

"Gejala pernapasan cenderung menjadi yang paling umum, jelas, tetapi kami juga telah melihat gejala yang melibatkan sistem organ lain," kata Eric Cioe-Pena, seorang dokter kedaruratan medis dan direktur kesehatan global di Northwell Health di New Hyde Park, New York.

Orang dengan gejala atipikal infeksi dapat mengembangkan gejala yang lebih klasik, seperti demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, dan kesulitan bernapas.

Namun, orang lain mungkin hanya mengalami gejala atipikal, dan sebagian orang yang tertular virus tidak menunjukkan gejala yang terlihat sama sekali.

"Ekspresi dan respons tubuh terhadap infeksi virus (corona) sangat, sangat luas," kata Cioe-Pena seperti dilansir Healthline.

"Ada orang yang menjadi pembawa virus asimtomatik (tidak bergejala), dan tubuh mereka melakukan tugas yang sangat baik untuk menahannya. Dan kemudian ada orang lain yang jelas-jelas menunjukkan gejala yang sangat sistemik dan buruk," jelasnya.

Mempelajari beberapa gejala yang kurang umum dapat membantu Anda mengenali Covid-19 jika Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda mengembangkan infeksi ini.

Halaman
1234
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved