Breaking News:

Wabup Deli Serdang Tegaskan Peran Penting Arsip Daerah sebagai Sumber Informasi

Pemkab Deli Serdang mengesahkan 3 Perda yang merupakan sumber informasi dan bahan pertanggungjawaban daerah.

Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
Pengesahan Peraturan Daerah (Perda) di Ruang rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deli Serdang, Senin (28/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Wakil Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar mengatakan, arsip yang dimiliki pemerintah daerah merupakan sumber informasi dan bahan pertanggung jawaban.

"Arisip daerah juga merupakan memori kolektif yang mempunyai nilai dan arti penting dan strategis," kata Ali saat menghadiri pengesahan Peraturan Daerah (Perda) di Ruang rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deli Serdang, Senin (28/12/2020). 

Menurut Ali, nilai dan arti penting itu artinya arsip daerah dapat menyajikan informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan daerah, perumusan kebijakan, dan pengambilan keputusan.

"Hal itu diperlukan untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik, utuh dan terpercaya, serta bisa menjamin perlindungan kepentingan pemerintah daerah dan hak-hak keperdataan masyarakat," katanya.

Di samping itu, menurut Ali, untuk mendinamiskan sistem kearsipan, perlu adanya peraturan daerah (perda) tentang penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan.

Lebih lanjut, Ali menuturkan, hal tersebut diatur dalam Undang- Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, UU Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan, dan UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Mengingat pentingnya hal tersebut, pada akhir 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama DPRD Deli Serdang mengesahkan tiga rancangan peraturan daerah (ranperda) menjadi perda.

Adapun tiga ranperda yang disahkan adalah tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Perlindungan Anak, dan tentang Pengelolaan Sampah. 

Paripurna pengesahan tiga ranperda tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Amit Damanik dan didampingi Wakil Ketua DPRD Akhmad Tala’a dan Nusantara Tarigan.

Dengan disetujuinya raperda tersebut, Ali berharap, penyelenggaraan kearsipan ini menjadi instrumen penting untuk pembinaan kearsipan di Kabupaten Deli Serdang

Halaman
12
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved