Breaking News:

Penanganan Covid

Jelang Tahun Baru, Dinkes Karo Akan Kembali Lakukan Rapid Test Acak Bagi Wisatawan

Dinas Kesehatan Karo berencana akan kembali melakukan rapid tes acak bagi wisatawan yang masuk ke Kabupaten Karo

TRIBUN MEDAN/HO
PENGENDARA yang akan memasuki wilayah Kabupaten Karo dilakukan rapid tes acak di Pos Ops Lilin Toba yang ada di Jalan Jamin Ginting, Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kamis (24/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Menjelang libur panjang menyambut tahun baru 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melalui Dinas Kesehatan berencana akan kembali melakukan rapid tes acak bagi wisatawan yang masuk ke Kabupaten Karo.

Seperti sebelumnya, rapid tes acak ini dilakukan sebagai langkah pemerintah dalam menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Terlebih, semasa musim liburan seperti saat ini tentunya dikhawatirkan penyebaran virus corona dapat lebih cepat terjadi.

Pasalnya, banyak wisatawan dari luar daerah datang ke suatu wilayah bahkan tak jarang yang masih mengabaikan arahan dari pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala M.kes, mengungkapkan jika untuk menyambut libur tahun baru ini, pihaknya berencana akan mulai melakukan rapid tes acak pada Rabu (30/12/2020) esok. Dirinya menyebutkan, pihaknya akan kembali bekerjasama dengan pihak kepolisian yang menggelar Ops Lilin Toba yang ada di Pos Doulu.

"Untuk antisipasi penyebaran virus corona di saat musim liburan akhir tahun, kita kembali akan melakukan tracing dengan rapid tes acak. Mungkin akan mulai kita lakukan besok atau Kamis," ujar Irna, Selasa (29/12/2020).

Irna menjelaskan, selain di perbatasan pihaknya juga berencana untuk melakukan langkah serupa di berapa objek-objek wisata di seputar Kabupaten Karo yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Dirinya mengatakan, tidak menutup kemungkinan juga pihaknya akan melalui Inspeksi Mendadak (Sidak) ke hotel-hotel di Berastagi.

"Seperti kemarin kita sudah melakukan rapid tes acak di pintu masuk wisata Bukit Gundaling, nanti kita juga akan melakukan hal serupa di lokasi lain. Untuk hotel, kita sudah menyampaikan imbauan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi tamu, dan tidak menutup kemungkinan kita juga akan lakukan rapid acak di sana," ungkapnya.

Untuk hotel sendiri, Irna mengatakan pihaknya sudah menyurati seluruh pengelola agar mengikuti semua aturan protokol kesehatan. Terlebih, saat ini Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, telah mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan wisatawan dari luar provinsi untuk menyertakan surat rapid tes antigen.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved