Breaking News:

Mendekati Malam Pergantian Tahun, Bandara Kualanamu Terpantau Masih Sepi

Tidak ada kepadatan penumpang baik di area check In sampai dengan area kedatangan dan keberangkatan. 

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/INDRA
SEORANG perempuan yang baru tiba di Bandara Kualanamu menyisir rambut anaknya di troli depan pintu kedatangan, Rabu (30/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Mendekati malam pergantian tahun baru, Bandara Kualanamu terpantau masih sepi, Rabu (30/12/2020). Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan kondisi yang terjadi satu hari sebelumnya.

Tidak ada kepadatan penumpang baik di area check In sampai dengan area kedatangan dan keberangkatan. 

Pemandangan sepi sudah tampak di saat memasuki pintu gerbang gatway.

Tidak terlihat antrean kendaraan yang mau masuk atau ke luar bandara. Di bagian area parkir, masih banyak lahan yang kosong.

Sementara itu pada bagian area terminal bus dan taksi tampak tidak kalah senyap. Hanya beberapa penumpang saja yang menaiki kendaraan umum.

Penumpang yang dijemput oleh pihak keluarga juga tidak begitu ramai di jam yang sama. 

Pelaksana Tugas (Plt) Airport Duty Manager Bandara Kualanamu, Joko Umbaran mengakui kalau saat ini terjadi penurunan jumlah penumpang yang sangat signifikan.

Hal yang sama juga terjadi untuk pergerakan pesawat. Penurunan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat ini terjadi karena situasi pandemi Covid-19.

"Kalau pagi ini, penerbangan di Bandara Kualanamu masih lancar. Belum ada kendala sama sekali. Beginilah kondisinya karena pandemi ini semuanya berpengaruh. Penumpang dan jumlah pesawat turun jauh dibanding tahun lalu," kata Joko Umbaran.

Joko menyebut banyak hal yang mempengaruhi mengapa kemudian jumlah penumpang sedikit.

Hal ini lantaran penerbangan ke luar negeri juga tidak ada. Biasanya semakin mendekati hari pergantian tahun penerbangan ke luar negeri pun semakin ramai. 

"Kalau sekarang ini ya paling ke bandara yang dominan. Berangkat dan pergi sama saja. Maskapai yang paling banyak ya biasa lah seperti Lion Air," kata Joko Umbaran.

Berdasarkan data yang dihimpun untuk tanggal 29 Desember pergerakan pesawat di Bandara Kualanamu hanya ada 131. Untuk jumlah penumpang hanya 10.976 orang. Jika dibanding tahun sebelumnya ditanggal yang sama terjadi penurunan penumpang 51 persen sementara untuk pesawat turun 33 persen.

Pada tahun lalu jumlah penumpang bisa mencapai 26.205 orang dengan jumlah pesawat 196. 

Sementara itu pada tanggal 28 jumlah pergerakan pesawat ada 120 sementara untuk jumlah penumpang 10.657 orang. Jumlah ini jauh menurun dibanding tahun 2019 karena pada tanggal yang sama jumlah penumpang bisa mencapai 24.373 orang dan untuk pesawat sampai 186. (dra/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved