Breaking News:

DPRD Medan Setujui Pengesahan Ranperda Perusahaan Umum Daerah di Rapat Paripurna

DPRD Medan menyetujui pengesahan Ranperda Perusahaan Umum Daerah Pasar dan Pembangunan yang diawali dengan penyampaian laporan dari pansus.

Dok. Humas Pemkot Medan
Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Rabu (30/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Medan dan Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Kota Medan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan.

Penetapan Ranperda tersebut dilakukan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Rabu (30/12/2020).

Sebelum penandatanganan persetujuan dilakukan, rapat paripurna diawali penyampaian laporan panitia khusus (pansus) serta pendapat seluruh fraksi di DPRD Medan.

Persetujuan ditandai dengan penandatangan atau pengambilan keputusan bersama antara Pimpinan DPRD dengan Kepala Daerah Kota Medan.

Penandatanganan dilakukan Ketua DPRD Medan Hasyim dan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution serta disaksikan para wakil ketua dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wiriya Alrahman.

Terkait penetapan tersebut, Akhyar mengatakan, hal itu dapat terlaksana atas kerja sama yang baik dan rasa tanggung jawab bersama antara pihak eksekutif dan legislatif selaku mitra kerja.

Dengan harapan dan tujuan, membangun jalannya roda pemerintahan sekaligus mewujudkan dan melaksanakan aspirasi masyarakat.

"Sesuai dengan pasal 331 ayat 1,2,3 dan 4 Undang Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah menyatakan bahwa daerah dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMD).

Lalu, sambung Akhyar, pendirian BUMD sebagaimana dimaksud pada ayat 1 ditetapkan dengan Perda.

"Kemudian, BUMD sebagaimana dimaksud pada ayat 1 terdiri atas perusahaan umum daerah dan perusahaan perseroan daerah serta pendirian BUMD sebagaimana dimaksud pada ayat 1," kata Akhyar.

Halaman
12
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Yohanes Enggar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved