Breaking News:

Erupsi di Awal Tahun, Sinabung Hembuskan Abu Vulkanik Setinggi 1000 Meter

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, kembali melaporkan adanya peningkatan aktivitas dari gunung api tertinggi di Sumatera Utara.

TRIBUN MEDAN/HO
GUNUNG Sinabung mengeluarkan material berupa abu vulkanik setinggi 1000 meter, Minggu (3/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT - Pada hari ketiga awal tahun 2021 ini, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo masih belum juga menunjukkan tanda-tanda tenang.

Terbaru, petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, kembali melaporkan adanya peningkatan aktivitas dari gunung api tertinggi di Sumatera Utara ini, Minggu (3/1/2021).

Saat dikonfirmasi, petugas Pengamat Gunung Sinabung Armen Putra membenarkan adanya erupsi ini.

Armen menjelaskan, pihaknya mencatat Gunung Sinabung mengalami erupsi sekira pukul 09.34 WIB.

"Ya benar tadi Gunung Sinabung kembali erupsi, sekira pukul 09.34 WIB," ujar Armen.

Armen menjelaskan, dari aktivitas erupsi ini pihaknya mencatat material berupa abu vulkanik yang terbawa dari dalam gunung membumbung setinggi kurang lebih 1000 meter dari atas puncak gunung.

Saat ditanya perihal kondisi abu, dirinya mengatakan jika ketebalan abu tidak terlalu pekat namun tetap tebal, dan mengarah condong ke Barat dan Barat Laut.

"Untuk jarak luncur abu vulkanik kurang lebih 1000 meter dari puncak gunung, dan condong mengarah ke Barat Laut. Kalau ke arah ini, kita lihat abunya mengarah ke Kecamatan Mardingding," ucapnya.

Dirinya menjelaskan, dari aktivitas erupsi tadi pihaknya mencatat jika erupsi ini berlangsung dengan durasi selama kurang lebih dua menit 23 detik.

Dengan amplitudo maksimum yang tercatat di alat pendeteksi getaran (seismic), sebesar 55 mm.

Melihat kondisi saat ini yang masih masa liburan, Armen mengimbau kepada semua wisatawan yang datang ke Kabupaten Karo agar jangan sampai mendekati kawasan Gunung Sinabung.

Pihaknya juga mengimbau secara tegas kepada siapapun khususnya wisatawan, agar tidak masuk ke zona merah yang telah ditentukan. (cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved