Breaking News:

Sinabung Kembali Erupsi Kedua Kali di Awal Tahun 2021, Ketinggian Kolom Abu Tak Tercatat

Erupsi kedua ini terjadi sekira pukul 12.16 WIB. Untuk erupsi kali ini pihaknya tidak dapat mendeteksi secara visual berapa ketinggian abu vulkanik.

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
VISUAL Gunung Sinabung tertutup kabut terlihat dari Jalan Kiras Bangun, Simpangempat, Minggu (3/1/2021). Hingga saat ini, Sinabung sudah dua kali mengalami erupsi. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT - Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo kembali mengalami erupsi Minggu (3/1/2021).

Diketahui, peningkatan aktivitas Sinabung kali ini merupakan erupsi yang kedua kalinya untuk hari ini saja. 

Petugas pengamat Gunung Sinabung Armen Putra, mengungkapkan erupsi kedua ini terjadi sekira pukul 12.16 WIB. Dirinya mengatakan, untuk erupsi kali ini pihaknya tidak dapat mendeteksi secara visual berapa ketinggian abu vulkanik. 

"Tadi kembali terjadi erupsi lagi sekira pukul 12.16 WIB. Untuk kolom abu tidak dapat tercatat, karena visual gunung sedang dalam keadaan kabut," ujar Armen, saat ditemui di pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpangempat. 

Armen menjelaskan, pada aktivitas erupsi kali ini terekam dari alat pendeteksi getaran atau seismic dengan magnitudo 20 mm.

Dengan durasi erupsi selama kurang lebih tiga menit satu detik. 

Dirinya menyebutkan, untuk arah angin sendiri masih sama, yaitu condong ke Barat dan Barat Laut.

Dikatakannya, untuk erupsi kedua ini memang magnitudonya lebih kecil dari sebelumnya, namun durasinya lebih lama. 

"Kondisinya hampir sama dengan material hanya berupa abu vulkanik, dan tidak diikuti awan panas. Cuma memang berbeda durasi dan magnitudonya antara erupsi pertama dengan erupsi yang kedua," katanya. 

Armen menjelaskan, hingga saat ini Gunung Sinabung masih berpotensi untuk kembali terjadi erupsi dan guguran lava.

Dirinya mengatakan, potensi awan panas letusan dan awan panas guguran juga masih sangat berpotensi. Lebih lanjut, hingga saat ini pihaknya melihat kondisi Sinabung masih terus didominasi oleh gempa-gempa guguran. (cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved