Breaking News:

Harumkan Sumut di PON 2024, Kampung Sejahtera Siap Suplai Atlet Panjat Tebing

Pihak Kampung Sejahtera akan menyuplai atlet yang berkompeten untuk turut serta mengharumkan nama provinsi Sumut dan Kampung Sejahtera.

TRIBUN MEDAN/HO
SEJUMLAH anak di Kampung Sejahtera saat berlatih panjat tebing yang merupakan sarana olahraga baru di Kampung Sejahtera, Senin (4/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (PPPKS) Aminurasid berkeinginan agar anak-anak di Kampung Sejahtera yang beralamat di Jalan H Zainul Arifin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah bisa menjadi penyuplai atlet yang bertanding di PON 2024. Saat itu, Aceh-Sumut menjadi tuan rumah bersama.

Keinginan itu, dibuat bukan hanya lips service semata. Karena  pihaknya dibantu dengan Vertical Rescue, Teratai Rescue, PMI, dan Pewarta Foto Indonesia sudah membangun arena untuk latihan panjat tebing yang bisa digunakan oleh anak-anak masyarakat lingkungan kampung sejahtera.

"Tiga minggu lalu kita baru buat untuk latihan panjat tebing. Dan animo masyarakat dengan adanya sarana olahraga baru ini, membuat mereka semakin bersemangat untuk mempelajari olahraga yang dipertandingkan disetiap kejuaraan," kata pria yang akrab disapa Rasyid ini, Senin (4/1/2021).

Ke depan, katanya, pihaknya akan menyuplai atlet yang berkompeten untuk turut serta mengharumkan nama provinsi Sumut dan Kampung Sejahtera.

"Kita pun berkeinginan  ada atlet panjat tebing yang turut berpartisipasi dalam kegiatan PON di mana kita menjadi tuan rumah pada 2024 mendatang," ujarnya.

Untuk mengarah ke situ, kata Rasyid, pihaknya sudah berkordinasi dengan FPTI Medan agar bisa mendidik anak-anak di Kampung Sejahtera yang bisa menjadi bibit atlet untuk menyokong FPTI Medan dalam PON 2024 di mana Aceh-Sumut menjadi tuan rumah.

Dikatakannya, ada sekitar ribuan KK di Kampung Sejahtera. Estimasinya, satu rumah saja bisa dibilang ada tiga atau lima anak yang apabila orangtuanya bisa mengizinkan satu anaknya untuk latihan panjat tebing.

"Tak menutup kemungkinan dua atau tiga tahun ke depan kita punya atlet panjat tebing," katanya.

Tujuannya, kata Rasyid, bagaimana ke depan pemikiran anak-anak bisa beralih dari hal negatif ke positif. "Dalam hal ini, dan untuk saat ini panjat tebing sarana olahraga yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Medan Iskandar Usman bersyukur ada tempat panjat tebing di Kampung Sejahtera.

"Artinya ada pembinaan panjat tebing yang dimotori masyarakat setempat sehingga anak-anak dengan kelompok umur maupun dewasa kegiatan terarah yang positif terutama olahraga panjat tebing," katanya, Senin (4/1/2021).

Dirinya mengatakan, tidak menutup kemungkinan FPTI Medan akan mencari bibit atlet panjat tebing dari Kampung Sejahtera.

"Makanya kita arahkan kemarin dari penggiat olahraga panjat di Kampung Sejahtera tersebut untuk membuat klub olahraga yang nantinya bisa membimbing anak-anak tersebut menjadi atlet secara berjenjang dan berkelanjutan," harapnya.

Iskandar mengaku tidak menutup kemungkinan juga Kampung Sejahtera bisa menjadi penyuplai atlet panjat tebing saat PON 2024 di mana Aceh-Sumut menjadi tuan rumah.

"Dan nanti akan kita masukkan ke program FPTI Medan ada namanya pembina atlet usia dini yang didalamnya ada kelompok umur sehingga nantinya memenuhi kuota-kuota atlet untuk PON 2024," pungkasnya.(akb/tribun-medan.com)

Penulis: Sofyan akbar
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved