Sinabung Kembali Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 1000 Meter

Informasi yang didapat dari pengamat Gunung Sinabung Armen Putra, pihaknya mencatat erupsi yang terjadi kedua ini sekira pukul 11.50 WIB.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Sinabung saat mengalami erupsi pada, Senin (4/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT - Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, saat ini terlihat menunjukkan peningkatan aktivitas yang cukup signifikan.

Bahkan, untuk hari ini Senin (4/1/2021) Sinabung sudah kembali mengalami erupsi sebanyak dua kali. 

Informasi yang didapat dari pengamat Gunung Sinabung Armen Putra, pihaknya mencatat erupsi yang terjadi kedua ini sekira pukul 11.50 WIB.

Dirinya juga mengatakan jika erupsi kali ini sudah terjadi untuk yang kedua kalinya. 

"Benar ini susah dua kali erupsi, dan untuk yang kedua ini terjadi sekira pukul 11.50 WIB," ujar Armen, saat ditemui di pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpangempat. 

Armen menjelaskan, pada erupsi kedua ini membawa material berupa abu vulkanik dengan kolom abu setinggi kurang lebih 1000 meter.

Dirinya menjelaskan, abu vulkanik dengan kondisi berwarna kelabu pekat membumbung cukup tinggi dengan intensitas condong ke arah Barat dan Barat Laut. 

"Untuk erupsi kedua tadi, kolom abunya setinggi kurang lebih 1000 meter dari puncak, dan condong ke arah Barat dan Barat Laut," katanya. 

Armen menjelaskan, saat ini kondisi Sinabung masih terus mengalami kondisi yang terus berubah. Dirinya mengatakan, pihaknya juga melihat jika masih ada potensi untuk kembali erupsi.

(cr4/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved