Breaking News:

Alami Lonjakan, Pengecer di Medan Jual Kacang Kedelai Rp 10 Ribu per Kilogram

Sudah sebulan belakangan harga kacang kedelai mencapai Rp 10 ribu per kilogramnya. Sebelumnya kacang kedelai dijual Rp 9000 per kilogram. 

TRIBUN MEDAN/SEPTRIMA
KOMODITI kacang kedelai yang diperdagangkan di Pasar Pusat Pasar Medan, Selasa (5/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Harga kacang kedelai mengalami lonjakan beberapa hari terakhir. Dari pantauan Tribun-Medan.com di Pasar Pusat Pasar Medan kacang kedelai dipasarkan Rp 10 ribu per kilogramnya. 

Seorang pedagang bahan pokok di pasar ini, Iwan mengatakan, sudah sebulan belakangan harga kacang kedelai mencapai Rp 10 ribu per kilogramnya. Sebelumnya kacang kedelai dijual Rp 9000 per kilogram. 

"Tapi Rp 9000 juga sudah termasuk mahal. Sekitar tiga bulan yang lalu masih Rp 6000an per kilogramnya," katanya, Selasa (5/1/2021). 

Diakuinya meski harga kacang kedelai melonjak, tak sulit mencari pasokan kedelai ini. Dirinya masih bisa mendapatkan pasokan dengan mudah. 

"Harganya saja naik, kalau stok mudah kok didapatkan. Tapi semuanya impor. Kalau yang lokal nggak ada masuk sama kami," ujar Iwan. 

Iwan mengatakan sejauh ini permintaan kacang kedelai tidak terlalu terpengaruh oleh harga karena pembeli kacang kedelai hanya orang-orang tertentu saja. Selain itu secara kuantitas biasanya pembeli kacang kedelai ini tak membeli dalam jumlah banyak. 

"Pembeli biasa-biasa saja. Enggak ada berkurang karena kan kacang kedelai nggak banyak dibeli kalau untuk kebutuhan rumah tangga. Paling yang terdampak pembuat tempe lah," lanjutnya. 

Hal serupa juga diungkapkan Siti, pedagang di pasar serupa. Dirinya mengatakan sudah sebulan belakangan harga kacang kedelai mengalami lonjakan harga. 

"Bulan lalu masih Rp 9000 kalau sekarang sudah Rp 10 ribu. Kalau pembeli kita mengeluh pasti harganya naik. Tapi kan dari sananya sudah mahal kita jual ya naik juga harganya," tegasnya. 

Sementara di grosir, harga kedelai juga mengalami kenaikan. Jika Desember lalu kacang kedelai dijual Rp 7800 per kilogram, saat ini pedagang menjual kacang kedelai Rp 8700 per kilogram. 

"Saya enggak berani bilang apakah akan ada kenaikan harga lagi atau enggak. Ini kan tergantung supplier kalau naik dari sana naik juga harga di grosir," ungkap pemilik salah satu grosir di kawasan Pasar Sambu Ace.

Ia mengatakan selain kesulitan karena harganya mahal, pasokan kacang kedelai juga tidak mudah didapatkan. 

"Banyak faktor lah. Katanya keterlambatan barang karena keterlambatan kapal juga berpengaruh sama harga yang mahal ini. Makanya sekarang untuk jualan kita utamakan semua langganan saja," lanjutnya. 

Dikatakannya, belakangan dalam sepekan ia memasarkan dua sampai tiga ton kacang kedelai. Jumlah ini sudah lebih sedikit dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 melanda. 

"Kalau dulu bisa lebih banyak yang bisa kita jual. Tapi karena corona ini pasti berkurang lah pembeli juga. Kita fokus melayani pembuat tahu dan tempe di Kota Medan saja," pungkas Ace. (sep/tribun-medan.com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved