Breaking News:

Harga Bahan Pangan Masih Tinggi, Pemilik Rumah Makan Terpaksa Naikkan Harga Menu Makanan

Misalnya Dapur Bunda, rumah makan di Jalan Kol Sugiono ini terpaksa menaikkan harga Rp 1000 di setiap menunya.

TRIBUN MEDAN/SEPTRIMA
SEORANG pedagang sayuran, Leo menunggui dagangannya di Pasar Pusat Pasar, Selasa (5/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Harga cabai di pasar tradisional sudah mulai mengalami penurunan.

Meski begitu, harga cabai rawit maupun cabai merah ini belum kembali normal. Hal ini juga turut mempengaruhi pendapatan  rumah makan yang menawarkan menu dengan berbagai jenis sambal. 

Untuk mengatasi hal ini, pemilik rumah makan melakukan berbagai upaya. Upaya akhir adalah menaikkan harga.

Misalnya Dapur Bunda, rumah makan di Jalan Kol Sugiono ini terpaksa menaikkan harga Rp 1000 di setiap menunya. Hal ini dilakukan karena selain cabai bahan pangan lainnya juga mengalami kenaikan harga.

"Tentu naiknya harga cabai berpengaruh sama rumah makan. Memang sekarang harganya sudah turun. Sempat Rp 100 ribu cabai rawit, sekarang sudah Rp 70 ribu per kilogram," kata Pemilik Dapur Bunda, Morin, Selasa (5/1/2021).

Diakuinya sebelum menaikkan harga, berbagi upaya telah dilakukan. Salah satunya dengan memilih menu yang pemakaian cabainya tidak terlalu banyak. 

"Kita masak menu yang kebanyakan menggunakan bumbu rempah dan santan. Seperti rendang daging, rendang jengkol, gulai ayam, semur ayam, ikan tumis santan, sayur tumisan, dan sop," katanya. 

Namun kini dikatakannya bukan cabai saja yang meroket. Sayuran naik signifikan bahkan bisa dua sampai tiga kali lipat.

"Ikan kosong barang, alasan pedagang tak ada yang melaut karena cuaca jadi harga ikan ikut naik. Makanya harga per menu harus kami naikkan. Setiap pengunjung mau menu ikan, kami bilang kosong barang di pajak jadi gak bisa jual. Mereka tetap minta sambal, ya kami kasih seperlunya saja," ungkapnya.  

Morin menuturkan harga kol yang biasanya Rp 2500 hingga Rp 3000, kini jadi Rp 8000. Selain itu bunga kol atau brokoli naik dari Rp 8000 jadi Rp 15 ribu. 

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved