Breaking News:

Penetapan Calon Bupati Toba Terpilih Tunggu Keputusan Mahkamah Konstitusi

KOMISIONER KPUD Kabupaten Toba Divisi Hukum Sahat Sibarani menuturkan, pihkanya masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi.

TRIBUN MEDAN/MAURITS
KOMISIONER KPUD Divisi Hukum KPUD Kabupaten Toba, Sahat Sibarani. 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Pihak KPUD Kabupaten Toba belum menetapkan calon terpilih sesuai dengan prosedur yang berlaku, hingga hari ini, Selasa (5/1/2021).

Terkait hal itu, Komisioner KPUD Kabupaten Toba Divisi Hukum Sahat Sibarani menuturkan, pihkanya masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi.

Sedangkan rekapitulasi penghitungan suara telah ditetapkan pada Desember 2020 yang lalu.

"Perlu kami jelaskan sesuai dengan tahapan pemiliha, Nomor 5  Tahun 2020, bahwa KPUD Toba telah melaksanakan penetapan rekapitulasi tanggal 16 Desember 2020 yang lalu," ujar Sahat Sibarani, Selasa (5/1/2021).

"Lalu, menyangkut penetapan pasangan calon terpilih KPU Kabupaten Toba masih menunggu surat dari Mahkamah Konstitusi, masih menunggu pencatatan permohonan perkara," lanjut Sahat Sibarani.

Pihaknya akan mendapatkan informasi dari Mahkamah Konstitusi melalui Komisi Pemilihan Umum RI pada Senin (18/1/2021).

"Sesuai dengan tahapan, maka tanggal 18 Januari 2021, permohonan itu sudah kami dapatkan dari Mahkamah Konstitusi lewat KPU RI," lanjutnya.

Saat penetapan calon terpilih, berbagai pihak akan diundang.

"Nanti KPU akan mengundang pasangan calon, stakeholder, Bawaslu, Muspida untuk proses penetapan kepala daerah yang terpilih," ujarnya.

"Sejauh ini, kami masih menunggu proses. Kalau dikatakan sengketa, tidak ada sengketa karena tiga hari setelah kami umumkan rekapitulasi perhitungan suara harusnya pemohon sudah mengajukan ke Mahkamah Konstitusi," pungkasnya. (cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved