Breaking News:

Setelah Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Lubukpakam Berangsur Turun

Untuk tomat yang sebelumnya Rp 12 ribu sudah turun menjadi 9 ribu. Bawang merah mulai Rp 20 sampai 24 ribu. Untuk bawang putih harganya Rp 25 ribu. 

TRIBUN MEDAN/INDRA
PEDAGANG sayuran, Mamona Sihotang melayani pembeli yang datang ke lapaknya, Selasa (5/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, PAKAM - Pascahari Natal dan Tahun Baru harga kebutuhan pokok di Kabupaten Deliserdang mulai berangsur-angsur turun, Selasa (5/1/2020). Beberapa komoditi yang sebelumnya sempat melambung tinggi mulai turun.

Saat ini harga cabai rawit yang masih tinggi.

Dari data yang dikumpulkan di Pasar Delimas Plaza Lubukpakam, harga cabai rawit masih berada di angka Rp 80 ribu perkilogramnya.

Untuk yang terendah masih Rp 55 ribu dengan kualitas yang paling rendah.

Sementara itu untuk harga cabai merah mulai Rp 40 sampai Rp 50 ribu. 

Untuk tomat yang sebelumnya Rp 12 ribu sudah turun menjadi 9 ribu. Bawang merah mulai Rp 20 sampai 24 ribu. Untuk bawang putih harganya Rp 25 ribu. 

Sejumnlah pedagang yang diwawancarai mengaku harga-harga mulai turun semenjak, Senin (4/1/2021).

"Kemarin harga cabai rawit masih Rp 100 ribu perkilo dan sekarang sudah paling tinggi 80 ribu. Cabai merah turun juga kemarin sempat 50 ribu dan sekarang sudah turun 40 ribu. Besok dipastikan akan lebih turun lagi itu," kata seorang pedagang sayuran, Mamona Sihotang. 

Dirinya menyebut momen libur Natal dan Tahun Baru biasa harga melambung. Namun demikian setelah selesai maka akan kembali turun dan normal. Hal ini terjadi memang setiap tahunnya. 

"Karena libur itu makanya barang-barang mahal. Enggak ada yang memanen makanya tinggi harganya. Mulai dari kemarin kan sudah kerja orang-orang makanya sudah mulai turun," kata Mamona.

Warga menyambut baik dengan mulai turunnya harga kebutuhan pokok saat ini.

Rohani (60), warga Desa Bakaran Batu Lubukpakam mengaku sempat kesal dengan naiknya harga-harga sembako pada saat tahun baru. Karena itu dirinya pun harus pintar-pintar untuk mengatur pengeluaran.

"Ini cabai merah memang sudah turun, Alhamdulillah lah. Kemarin harga cabai sampai 70 aku beli. Cabai ini mahal pun terpaksa dibeli cuma dikurangilah pedasnya. Beras ini yang masih naik ukuran 5 kg biasa Rp 52 ribu sekarang masih Rp 54 ribu. Musim Corona ini kesal kita kalau harga naik,"kata Rohani. (dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved