Breaking News:

Harimau Sumatera Kembali Mangsa Dua Sapi Warga Bahorok

Harimau Sumatera yang hidup bebas di hutan tropis di Kecamatan Bahorok kembali memangsa hewan ternak sapi milik warga.

Tribun Medan
Seekor Harimau Sumatera terekam kamera trip BBKSDA Sumut di Desa Laudama, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Harimau Sumatera yang hidup bebas di hutan tropis di Kecamatan Bahorok kembali memangsa hewan ternak sapi milik warga.

Dua ekor lembu ditemukan tewas dengan bekas cakar dan cabikan Harimau di kawasan Dusun Selayang Desa Lau Damak Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Rabu (6/1/2021).

"Kejadian konflik satwa Harimau dengan korban dua ekor ternak sapi milik Zainuddin di Dusun Selayang Desa Laudamak. Saat ini penanganan dilakukan dengan pengecekan dua bangkai sapi, dan pemasangan kamera trap. Tim juga sudah di lokasi untuk penanganan berpatroli dan penjagaan di lokasi," kata Tim BKSDA Helbert Aritonang.

Bhabinkamtibmas setempat, Aipda Herbet ML Tampubolon, mengatakan, kejadian diperkirakan berlangsung antara hari Selasa dini hari, atau hari Rabu sekira pukul 18.00 WIB. Dua ekor sapi diperkirakan berusia dua tahun.

"Dua sapi yang mati itu berjenis kelamin jantan dan betina, ditemukan secara terpisah dengan jarak berkisar 100 meter dari lokasi biasa pemilik melepas untuk digembalakan," jelasnya.

Pemilik sapi, Zainuddin (55) warga Dusun VII Desa Timbang Lawang Kecamatan Bahorok mengatakan, hewan ternaknya itu seperti biasa diikat di kebun kelapa sawit milik Narudin Sembiring yang berjarak 1 kilometer dari pemukiman penduduk.

Dia menemukan sapinya sudah tidak bernyawa saat hendak ke ladang sekira pukul 08.00 WIB.

"Ketahuan ya lembu sudah jadi bangkai. Satu ekor lembu masih dalam keadaan utuh, sementara satu ekor lagi bagian belakangnya ada bekas gigitan, sudah habis dimakan harimau," katanya.

Saat ini, instansi terkait, pihak Dinas Balai Besar TNGL Bukit Lawang, KPH Resort Langkat Hulu, Polsek Bahorok, BKSDA sudah menyebar di lokasi untuk menghalau Harimau datang mendekat ke pemukiman.

Tim menyalakan petasan dan memasang kamera trap untuk memantau pergerakan Harimau.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved