Breaking News:

Momen Nataru, Pergerakan Pesawat di Bandara KNIA sebanyak 2.453

PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang memastikan seluruh personel dan fasilitas di bandara siap melayani pengguna jasa

Kartika / Tribun Medan
Suasana para penumpang saat check di salah satu maskapai di Bandara Kualanamu, Selasa (5/1/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Natalin

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Manajeman PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang memastikan seluruh personel dan fasilitas di bandara siap melayani pengguna jasa.

Kesiapan termasuk di Airport Health Center yang merupakan fasilitas bagi calon penumpang pesawat yang ingin melakukan tes Covid-19 di Bandara Kualanamu.

"Kami sudah pastikan bahwa ketersediaan alat tes Covid-19 khususnya rapid test antigen mencukupi. Prosedur di Airport Health Center juga dipastikan memenuhi standar, serta protokol kesehatan diterapkan dengan baik di Bandara Kualanamu," ujar Senior Manager of Operation and Service PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Agoes soepriyanto.

Ia mengatakan, lalu lintas penerbangan di Bandara KNIA di kelola PT Angkasa Pura II dipantau secara real time guna secara cepat melakukan antisipasi di lapangan.

Posko Natal dan Tahun Baru 2020/2021 sebagai wadah koordinasi stakeholder di Bandara Kualanamu bertugas untuk memantau lalu lintas penerbangan dan penerapan protokol kesehatan di semua area pergerakan penumpang maupun pergerakan pesawat.

"Bandara Kualanamu yang paling sibuk dalam menyambut kedatangan penumpang pesawat pada puncak arus balik. Terjadi pada hari Minggu, 3 Januari 2021, jumlah pergerakan penumpang di Bandara sekitar 17.170 orang dengan 147 penerbangan," ucapnya.

Agoes mengatakan guna memperlancar proses kedatangan, diimbau bagi penumpang pesawat agar menginstall dan mengisi formulir aplikasi eHAC di terminal keberangkatan.

"Bandara KNIA sangat siap melayani penumpang pesawat berkat kerjasama dengan para pemangku kepentingan dan para airline. Penyelenggara Bandara Kualanamu mempersiapkan segala sesuatunya agar proses keberangkatan dan kedatangan berjalan lancar misalnya dengan mengkoordinasikan lokasi parkir pesawat, aktivitas pihak ground handling, dan alur kedatangan penumpang termasuk terkait pemeriksaan eHAC. Penumpang diimbau mengisi formulir eHAC di terminal keberangkatan," katanya.

Di tengah periode Angkutan Nataru 2020/2021, Bandara KNIA juga menerapkan peraturan dari Satgas Penanganan Covid-19 yang tertera di dalam Addendum Surat Edaran 03/2020 dan Surat Edaran 04/2020.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved