Breaking News:

Potensi Erupsi Gunung Sinabung Masih Tinggi, Ini Kata Pengamat

Pada Selasa (5/1/2021) malam, Sinabung kembali mengalami erupsi sebanyak dua kali dengan jarak antar erupsinya tidak terlalu jauh.

Tribun Medan/Muhammad Nasrul
Pengamat Gunung Api Sinabung Armen Putra 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT - Di awal tahun 2021 ini, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo tercatat mengalami peningkatan aktivitas yang cukup signifikan.

Terbaru, pada Selasa (5/1/2021) malam, Sinabung kembali mengalami erupsi sebanyak dua kali dengan jarak antar erupsinya tidak terlalu jauh.

Berdasarkan keterangan dari Pengamat Gunung Sinabung Armen Putra, pada malam tadi Sinabung mengalami dua kali erupsi dengan magnitudo yang berbeda. Namun, dari dua kali erupsi itu pihaknya tidak dapat mendeteksi secara visual berapa ketinggian kolom abu yang dikeluarkan dari dalam gunung.

"Tadi malam terjadi dua kali erupsi, kalau kita lihat memang erupsi malam tadi terjadi lebih besar dari sebelumnya. Kita melihat dari amplitudo kegempaannya, kemungkinan besar letusannya cuma tidak dapat kita lihat tinggi kolom abunya karena visual Sinabung tertutup kabut," ujar Armen, saat ditemui di pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpangempat, Rabu (6/1/2021).

Armen menjelaskan, pihaknya melihat sampai saat ini aktivitas Gunung Sinabung masih tercatat cukup tinggi. Dirinya menyebutkan, selain erupsi yang terjadi belakangan ini pihaknya juga masih melihat tingginya aktivitas guguran yang terjadi.

Dirinya mengungkapkan, untuk kondisi saat ini Gunung Sinabung masih didominasi oleh gempa-gempa guguran. Selain itu, dirinya mengatakan pihaknya juga melihat aktivitas gempa hembusan juga masih ada.

"Kita lihat aktivitas Sinabung masih cukup tinggi, dan aktivitas gugurannya juga masih tinggi. Untuk pasokan gas juga masih cukup tinggi, dengan masih adanya gempa-gempa low frekuensi dan gempa hybrid," katanya.

Lebih lanjut, Armen menjelaskan pihaknya juga melihat kumpulan kubah lava di puncak Gunung Sinabung semakin membesar dan belum banyak yang jatuh. Dirinya mengatakan, berdasarkan pemantauan secara visual saat ini kubah lava sudah melebihi tinggi dari puncak gunung.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved