Breaking News:

Bangun Kawasan Deli Sport City, Pemprov Sumut Undang Investor Ikut Lelang Proyek

Dasar Pengadaan BUP itu yakni Peraturan Presiden Nomor 38 tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
GUBERNUR Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sport Center untuk pagelaran PON Sumut-Aceh 2024, di Batangkuis, Deliserdang, Jumat (14/8/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pembangunan Deli Sport City di lahan seluas 300 hektar di kawasan Desa Sena, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara mulai memasuki tahap lelang proyek (tender).

Pemprov Sumut dalam kesempatan ini mengumumkan sudah membentuk Panitia Tim Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang bertujuan untuk mengundang badan usaha, baik nasional maupun internasional untuk mengikuti pra-kualifikasi Pengadaan Badan Usaha Pelaksana (BUP) yang kini dinamakan Deli Sport City.

Dasar Pengadaan BUP itu yakni Peraturan Presiden Nomor 38 tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur.

"Ya. diusahakan mulai dibangun Januari," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut, Baharuddin Siagian, Kamis (7/1/2021).

Bentuk kerjasama proyek tersebut adalah Build Operate Transfer (BOT) dengan perkiraan total biaya investasi proyek senilai Rp 13,485 triliun lebih dengan masa kerjasama 30 tahun.

Adapun skema pengembalian investasi kepada BUP berupa pembayaran oleh pengguna jasa.

Di samping itu, panitia pengadaan turut mengundang investor untuk mengikuti pra-kualifikasi Pengadaan Badan Usaha Pelaksana (BUP) Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) tentang sarana pendukung yakni pengadaan Light Rail Transit Mebidang.

Proyek ini untuk memenuhi kebutuhan transportasi massal Medan-Binjai-Deliserdang sepanjang 53,16 kilometer.

Bentuk kerjasama proyek BOT ini dengan nilai investasi sebesar Rp 27 triliun lebih.

Sama seperti kawasan Deli Sport City, masa kerjasama berlangsung selama 30 tahun dengan skema pengembalian investasi berupa pembayaran oleh pengguna jasa dalam bentuk tarif

Sementara, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa proses lelang tender pengerjaan terhadap bangunan yang salah satunya akan menjadi venue pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 itu berlangsung selama 12 hari.

"Proses lelang berjalan. Mudah-mudahan tidak ada hambatan. Bukan langsung dibangun, ini kan proses lelang 12 hari ke depan," kata Edy, Senin (4/1/2021)

Dirinya berharap proses pembangunan kawasan Deli Sport City itu dapat berlangsung sesuai target dan tepat waktu.

"Ikuti perkembangannya, doain tapi," katanya.(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved