Breaking News:

Bedah Buku Revolusi Langkat Tahun 1946 dan Perizinan UKM

Dalam rangka memeriahkan Milad ke-69 UISU, Lembaga Penelitian UISU melalui Pusat Stdui Kajian Sejarah menggelar seminar dan bedah buku

Tribun Medan/HO
Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP menyerahkan plakat kepada salah satu narasumber dan juga penulis buku Mayor Inf. Dr. Mukidi, SE, SH, MH saat seminar dan bedah buku dalam rangka Milad ke-69 UISU di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan kemarin (6/1). 

 Trbun-Medan.com, MEDAN - Dalam rangka memeriahkan Milad ke-69 UISU, Lembaga Penelitian UISU melalui Pusat Stdui Kajian Sejarah menggelar seminar dan bedah buku dengan tema Mengurai Sejarah Revolusi Sosial di Langkat Tahun 1945 dan Perizinan UKM dan Ekonomi Kerakyatan di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan (6/1).

Kegiatan beda buku itu dibuka Rektor UIS Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan langsung dihadiri Ketua Senat Universitas Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin Husin, Ketua Lembaga Penelitian UISU, Prof. Dr. Ir. Nurhayati beserta seluruh pimpinan Universitas dan Fakultas di lingkungan UISU.

Rektor  UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP memberikan sambutan  saat seminar dan bedah buku dalam rangka Milad ke-69 UISU di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan kemarin (6/1).
Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP memberikan sambutan saat seminar dan bedah buku dalam rangka Milad ke-69 UISU di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan kemarin (6/1). (Tribun Medan/HO)

Dalam sambutannya, Rektor UISU mengatakan kegiatan seminar dan bedah buku ini merupakan bagian dari budaya akademik yang secara terus menerus dilakukan UISU. “Harapannya dari penelitian, FGD dan seminar serta bedah buku yang dilakukan ini  dapat mengangkat temuan dan fakta yang dapat dimunculkan agar masyarakat memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lengkap tentang revolusi di Langkat dan Prizinan UM dan Ekonomi kerayakyatan,”ujarnya.

Bagi kalangan akademisi, khususnya civitas akademika UISU tentunya pelaksanaan seminar dan bedah buku yang dilaksanakan itu dapat memperkaya pengetahuan dan sekligus menambah lieratur secara akademis untuk mahasiswa dan dosen.

Bahkan, kedepannya Rektor UISU berharap Lembaga Penelitian melalui Pusat Studi Kajian Sejarah dapat melakukan penelitian serupa terkait sejarah dan berkembangnya tarikat naqsabandhiyah di Kabupaten Langkat.

Diharapkan Rektor UISU bahwa seminar dan bedah buku yang berlangsung juga dapat diikuti secara daring oleh mahasiswa dan masyarakat dalam rangkaian kegiatan Milad ke-69 UISU yang bertepatan dengan tanggal 7 Januari 2021.

“Terimakasih kepada Lembaga Penelitian dan seluruh narasumber yang hadir dalam seminar dan bedah buku ini,’ucapnya.

Adapun narasumber yang hadir yakni Dr. Dahlena Sari Marbun (Ketua Pusat Studi Kajian Sejarah UISU), Prof. Wan Syaifuddin (Ketua DRD Provsu), Dr. Lukita Ningsih M.Hum, Mayor Inf. Dr, Mukidi, SE, SH. MH, Prof Dr. Suhaidi, SH. MH dan Prof. Dr. Sulistyawati SH. MSi. Ph.D serta peserta dari pimpinan dan dosen di lingkungan UIS

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya yang diwakilii Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provsu Dr. Ridha Haykal Akmal MH dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution dr dan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP. “Atas nama pemerintah provinsi Sumatera Utara, kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada UISU yang telah menerbitkan buku Mengurai Sejarah Revolusi Sosial di Langkat tahun 1946. Gubernur Sumatera Utara berharap penerbitan buku itu dapat memberikan kontribusi pencerahan pemikiran tentang revolusi social di Langkat .

Terkait penyelenggaraan seminar perizinan UKM dan prinsip ekonomi kerakyatan, menurut Gubernur memiliki makna strategis untuk menguatkan standarisasi dan komptensi pelaku usaha mikro. Sebab, salah satu kelemahan usaha mikro selama ini salah satunya adalah persoala perizinan, standrisasi dan kompetensi. “Kami berharap dengan seminar ini nantinya para pelaku usaha mikro yang ada di Sumatera Utara akan menjadi naik kelas dan mampu bersaing serta lebih mandiri,”ujarnya.

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved