Breaking News:

Dinkes Sebut Vaksinasi di Binjai akan Bertahap, Warga Tahap Ketiga

Rencana pemerintah melakukan vaksinasi kepada masyarakat sudah dijadwalkan secara bertahap.

TRIBUN MEDAN/HO
Vaksin buatan Sinovac tiba di Sumut, Selasa (5/1/2021). 40 Ribu vial vaksin tersebut disimpan di Kantor Dinas Kesehatan Sumut. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Rencana pemerintah melakukan vaksinasi kepada masyarakat sudah dijadwalkan secara bertahap.

Di Kota Binjai, pihak Dinkes akan memvaksin warga setelah terlebih dahulu akan jadi contoh untuk divaksin tahap awal.

Kebijakan vaksinasi bertahap ini menyusul setelah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah menerima 40.000 vaksin Covid-19 yang akan dibagikan ke seluruh daerah di Sumatera Utara. Tenaga medis lah yang pertama kali divaksin, sedangkan masyarakat rencananya di tahap ketiga.

"Kita sedang menunggu distribusi vaksin. Tahap pertama nanti vaksin dilakukan kepada tenaga medis. Untuk tahap kedua kepada Polri dan ASN. Dan tahap ketiga baru lah masyarakat," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Binjai, dr Indra Tarigan, Jumat (8/1/2021).

dr Indra menyampaikan, vaksinasi tahap pertama rencananya akan dimulai pertengahan Januari hingga Februari. Sedangkan tahap dua rencananya akan dilaksanakan Februari sampai Maret.

"Untuk masyarakat rencana vaksinasi tahap tiga untuk masyarakat akan kita lakukan pada Maret dan April. Lokasinya di masing-masing puskesmas sesuai domisili warga bertempat tinggal" jelasnya.

Vaksin Covid-19 direncanakan akan diutamakan kepada usia produktif antara 18 hingga 59 tahun. Hal ini merujuk sesuai petunjuk dari kementerian kesehatan dari pusat.

Vaksinasi ke tenaga medis diperkirakan kepada sekitar 1.500 orang. Sementara, untuk keseluruhan Sumber Daya Manusia Kesehatan di Kota Binjai berkisar 3000 lebih yang tersebar di Puskesmas, klinik dan rumah sakit.

Hingga saat ini, Pemkot Binjai masih menunggu kedatangan vaksin Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Sumut. Jumlah vaksin yang akam diterima juga belum dapat pastikan keseluruhannya.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved