Breaking News:

Goa Ergendang, Tempat Pemandian Putri Raja dan Masyarakat Sering Mendengar Tabuhan Gendang

Lokasi objek wisata ini terletak di Penungkiren, Sinembah Tanjung Muda (STM) Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

TRIBUN MEDAN / Muhammad Anil Rasyid
Pengunjung tengan mandi air panas di Goa Ergendang yang berada di Penungkiren, Sinembah Tanjung Muda (STM) Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Terdengar gelap, menyeramkan, mungkin itulah yang pertama kali setiap orang mendengar kata gua. Namun, semua itu akan terbanding terbalik dengan pesona Goa Ergendang.

Informasi yang dihimpun wartawan www.tribun-medan.com, nama Ergendang ini diambil dari Bahasa Karo yang memiliki arti menabuh gendang.

"Katanya sih, penduduk sekitar sering kali mendengar suara tabuhan gendang yang berasal dari dalam gua ini," ujar Sirait pengunjung Goa Ergendang, Jumat (8/1/2021).

Selain itu, ada pula cerita yang beredar di masyarakat bahwa tempat ini dulunya adalah tempat pemandian putri keturunan raja.

Gua yang terletak di Kabupaten Deli Serdang ini merupakan objek wisata dengan memanfaatkan keindahan dengan stalaktit yang menghiasi dinding-dinding gua tersebut.

"Pemandangan gua yang indah eksotis ini menyambut setiap pengunjung yang datang. Begitu masuk gua, pengunjung akan melihat keindahan stalaktit yang menghiasi langit-langit gua," ujar Sirait.

Pemandangan yang unik, serta ornamen-ornamen yang menarik, membuat setiap wisatawan yang berkunjung ke Goa Ergendang akan mengabadikan momen dengan berswafoto.

"Gua ini juga termasuk gua yang aman untuk di kunjungi. Gua ini tidak ditempati oleh hewan liar yang biasa tinggal di dalam gua. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan keamanan gua," ujar Sirait.

Selain pemandangannya yang menarik, wisatawan juga dapat menikmati kesegaran berendam air panas di kolam ini. Kolam ini diisi dengan air yang langsung dialirkan dari sumber air panas Goa Ergendang.

"Sedikit unik sih, air panas di Goa Ergendang tidak memiliki bau belerang yang menyengat seperti pemandian air panas yang lainnya," ujar Sirait.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved