Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksin Covid-19 Sinovac Efektif 78 Persen Dalam Uji Coba Brasil

Data yang dikonfirmasi oleh pejabat negara bagian Sao Paulo merujuk pada hasil uji klinis Sinovac di Brasil yang melibatkan sekitar 13.000 peserta

AFP/NICOLAS ASFOURI
Satu paket vaksin eksperimental untuk Covid-19 di Quality Control Laboratory di the Sinovac Biotech, Beijing, China. Gambar diambil pada 29 April 2020. 

TRIBUN-MEDAN.com - Hasil uji coba tahap akhir untuk Vaksin eksperimental CoronaVac yang dikembangkan China Sinovac Biotech Ltd di Brasil menunjukkan keefektifan 78 persen melawan Covid-19.

Selisih 17 persen dari kandidat vaksin mRNA Pfizer dan Moderna yang tingkat efektivitasnya sekitar 95 persen.

Ini adalah hasil paling akurat setelah data sebelumnya memicu kebingungan dan keraguan.

Data yang dikonfirmasi oleh pejabat negara bagian Sao Paulo merujuk pada hasil uji klinis Sinovac di Brasil yang melibatkan sekitar 13.000 peserta.

Menurut Dimas Covas, direktur Butantan Institute yang bermitra dengan Sinovac untuk melakukan vaksinasi mengatakan, vaksin itu 78 persen efektif dalam mencegah kasus ringan Covid-19 dan 100 persen efektif melawan infeksi parah dan sedang.

Dilansir Bloomberg, Kamis (7/1/2021), lembaga tersebut berencana meminta otorisasi penggunaan darurat (EUA) dari regulator Brasil pada hari ini.

Badan Pengatur Kesehatan Brasil yang bernama Anvisa, membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk menganalisis permintaan tersebut.

Detail yang hilang dan terkesan ditutupi

"Uji klinis fase akhir melihat sekitar 220 peserta terinfeksi Covid-19, 160 di kelompok plasebo dan hampir 60 di antara mereka yang menerima vaksin," kata Covas.

Pejabat menolak untuk memberikan rincian studi yang lebih rinci, termasuk informasi tentang kelompok usia dan efek samping dari pengambilan gambar, dan tidak mengetahui kapan dokumentasi lengkap akan dipublikasikan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved