Breaking News:

Tribun travel

Bukit Kura-kura Tambah Keindahan Danau Toba dan Desa dari Puncak Penatapan Sirungkungon

Beragam aktivitas bisa dilakukan saat berada di Desa Sirungkungon. Seperti berkemah, memancing ikan, dan berenang.

TRIBUN MEDAN/M ANIL
PESONA Penatapan Sirungkungon yang berada di Desa Sirungkungon, Kecamatan Ajibata, Tobasa. 

TRIBUN-MEDAN.com, AJIBATA - Penatapan Sirungkungon adalahs ebuah objek wisata yang berada di Desa Sirungkungon, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Warga sekitar sering menyebut Penapatan Sirungkungon dengan istilah Dolok Nagodang.

Dolok Nagodang dalam arti bahasa lokalnya, yaitu bukit yang besar. Dari tingginya lokasi wisata ini, keasrian Danau Toba terbentang luas, dan keindahannya tak perlu diragukan lagi. Sehingga susah membuat mata ini berkedip.

"Keindahan dari Penatapan Sirungkungon semakin bertambah saat tampak bukit kura-kura yang berada di sisi desa. Dengan demikian, hal ini yang menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto berlatarbelakang danau dan bukit tersebut," ujar Wisnu, seorang pengunjung Penatapan Sirungkungon, Minggu (10/1/2021).

Sementara itu, penduduk desa bermukimkan di sepanjang bantaran danau. Bekerja sebagai nelayan dan petani, membuat desa kian makin asri.

"Desanya asri, hijau, dan jauh dari polusi udara enggak seperti di kota. Udara di sini pun segar. Jadi kalau dihirup itu terasa tenang sambil ditemani pemandangan yang luar biasa ini," ujar Wisnu.

Beragam aktivitas bisa dilakukan saat berada di Desa Sirungkungon. Seperti berkemah, memancing ikan, dan berenang.

"Pengunjung yang ingin ke puncak penatapan harus melakukan trekingnya. Tidak terlalu jauh trekingnya," ujar Wisnu.

Bagi wisatawan yang berasal dari Pusat Kota Medan akan menempuh lima jam perjalanan darat untuk tiba di Desa Sirungkungon dengan jarak 192 kilometer.

Sesampai di lokasi objek wisata Penatapan Sirungkungon, wisatawan akan dikenakan tiket masuk Rp 5 ribu per orang.

Mengenai logistik wisatawan tidak perlu khawatir, karena di lokasi penatapan telah tersedia warung menjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. (cr23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved