Breaking News:

STMIK Triguna Dharma Maksimalkan Pembelajaran Daring Lewat Zoom dan Video Tutorial

STMIK Triguna Dharma terus berupaya memberikan pelayanan pendidikan terbaik walau masih dalam kondisi pandemi covid-19.

TRIBUN-MEDAN.com/Kartika Sari
Wakil Ketua I Bidang Akademik STMIK Triguna Dharma, Mukhlis Ramadhan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Triguna Dharma, Jalan Jendral A.H. Nasution No 73, Kecamatan Medan Johor terus berupaya memberikan pelayanan pendidikan terbaik walau masih dalam kondisi pandemi covid-19

Wakil Ketua I Bidang Akademik, Mukhlis Ramadhan mengungkapkan bahwa untuk sistem pembelajaran, STMIK Triguna Dharma masih menggunakan sistem daring melalui Zoom.

"Untuk semua pembelajaran kita masih menggunakan sistem daring melalui Zoom, tidak ada yang tatap muka. Namun untuk bersifat administrasi mahasiswa lakukan dengan datang ke kampus dengan protokol kesehatan," ungkap Mukhlis kepada Tribun Medan, Senin (11/1/2021).

Walau menggunakan sistem pembelajaran daring, Mukhlis menuturkan bahwa pihak kampus terus berinovasi agar mahasiswa dapat memahami pembelajaran walau secara virtual.

"Dalam pembelajaran daring ini kita wajib berinteraksi dengan mahasiswa. Walau materi kita beri, tapi kita tetap berdiskusi mengenai tujuan dari materi yang diberikan. Selain melalui Zoom, kita juga memberikan video tutorial dari dosen mengenai teknik pengajaran dan memberikan referensi," ujarnya.

Saat ini STMIK Triguna Dharma memiliki 3000an mahasiswa aktif yang terdaftar di empat program studi yang sudah berakreditasi B, diantaranya Sistem Informasi, Sistem Komputer, Manajemen Informatika, dan Teknik Komputer.

STMIK Triguna Dharma juga turut membantu pemerintah untuk menyalurkan bantuan paket internet kepada para mahasiswa. Mukhlis juga turut mengucapkan syukur bantuan ini memudahkan mahasiswa untuk memaksimalkan pembelajaran daring.

"Mahasiswa juga begitu terbantu dengan kuota yang diberikan pemerintah. Keberadaan kuota ini sangat membantu dan masih bergulir. Kalau nantinya belajar daring ini berlanjut, artinya ada kemungkinan bantuan ini akan diperpanjang," tutur Mukhlis.

Terkait persiapan pembelajaran tatap muka, ternyata STMIK Triguna Dharma juga turut melakukan pemeliharaan fasilitas selama pembelajaran daring agar nantinya saat diputuskan tatap muka, mahasiswa dapat menikmati layanan pendidikan secara maksimal.

"Masa pandemi ini kita lakukan pembenahan fasilitas, contohnya kita lakukan perbaikan di ruang robotik, ruang dosen yang disaat ini kita lakukan. Kelas-kelas juga kita lakukan pemeliharaan dengan menambah Spec komputer jika ada yang kurang. Kita sudah lakukan persiapan sejak dini dan saat sudah bisa tatap muka kita sudah siap," kata Mukhlis.

Tambahnya, Mukhlis berharap agar dosen dapat terus memberikan layanan secara maksimal kepada mahasiswa lewat pembelajaran daring dan dapat dikontrol langsung oleh pihak STMIK Triguna Dharma agar pembelajaran dapat berjalan lancar walau di tengah pandemi.

"Harapannya kita berharap dosen tetap datang ke kampus agar dapat kita lakukan pengontrolan secara signifikan. Kita kontrol seperti biasa namun hanya mahasiswanya yang tidak tampak yang hanya di layar. Segala sesuatu kontrol itu penting, kalau kontrol baik hasilnya juga baik," pungkasnya.

(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved