Breaking News:

Terkendala Logistik, Ekspor Kopi dari Sumut Turun

Ia mengatakan untuk permintaan kopi dari luar negeri masih tinggi. Memasuk 2021, Ana sudah mendapatkan permintaan dari Turki. 

telegraph.co.uk
Biji Kopi Pohon Kopi Petani 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Ekspor kopi Sumut 2020 mengalami penurunan dibandingkan ekspor 2019. Naiknya biaya kapal dan lockdown nya pelabuhan di beberapa negara tujuan menyebabkan terkendalanya ekspor kopi. 

Eksportir kopi asal Sumut Ujiana Sianturi menyebutkan sejak November 2020, biaya kontainer naik tiga kali lipat. Jika biasanya untuk mengirim ke Incheon Korea, biaya kontainer 40 feet berkisar Rp13,5 juta, saat ini sudah mencapai Rp35 juta.

"Kendalanya di pelayaran, sebenarnya menggunakan pesawat bisa tapi biaya pengiriman kan sangat mahal. Harganya sangat jauh bedanya," kata Ana, Selasa (12/1/2021). 

Perempuan yang juga Ketua Asosiasi UMKM Sumut itu mengatakan masalah ini bukan hanya kendala bagi ekspor kopi. Namun ini juga menyebabkan ekspor produk UMKM lainnya terganggu. 

Khusus untuk ekspor kopinya, ia mengatakan kendala di pelayaran ini menyebabkan ekspor kopi menurun hingga 80 persen. Apalagi kontrak 2020 banyak yang ditunda. 

"Kami mau kirim ke Jepang dan Taiwan pun pending karena pelabuhannya lockdown. Jangankan itu ke Malaysia dan Singapura saja kita belum bisa melakukan pengiriman," katanya.

Ia mengatakan untuk permintaan kopi dari luar negeri masih tinggi. Memasuk 2021, Ana sudah mendapatkan permintaan dari Turki. 

"Kita juga sudah dapat surat dari Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional untuk permintaan sampel kopi untuk penetrasi pasar kopi ke Jerman," katanya. 

Dikatakannya ini menunjukkan permintaan kopi dari luar negeri masih ada meskipun harga kopi dari Indonesia khususnya Sumut lebih tinggi dibandingkan negara lain. Hal ini karena rasa kopi asal Indonesia sangat khas. 

Untuk jenisnya Ana mengatakan jenis arabica lebih banyak di ekspor. Secara keseluruhan dari volume ekspornya, robusta hanya sekitar 25 persen. 

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved