Breaking News:

REAKSI PBNU, Buya Maarif dan Pimpinan KPK atas Penunjukkan Komjen Listyo Calon Tunggal Kapolri

Penunjukkan Listyo Sigit sebagai calon Kapolri, membuktikan Polri sebagai lembaga yang inklusif dan tidak memilih pimpinan berdasarkan ras dan agama.

Tribunnews/ Herudin
REAKSI PBNU, Buya Maarif dan Pimpinan KPK atas Penunjukkan Komjen Listyo Calon Tunggal Kapolri. Buya Syafii Maarif 

TRIBUN-MEDAN.COM - REAKSI PBNU, Buya Maarif dan Pimpinan KPK atas Penunjukkan Komjen Listyo Calon Tunggal Kapolri

Tokoh Nahdlatul Ulama dan mantan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah angkat bicara soal keputusan Presiden Jokowi menunjuk Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.  

Presiden Joko Widodo mengajukan Listyo sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari 2021.

DPR pun telah menerima surat presiden terkait nama calon Kapolri pada Rabu (13/1/2021).

Selanjutnya, Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR sebelum DPR memberikan persetujuan atas nama calon yang diajukan Presiden.

Kyai Haji (KH) Marsudi Syuhud selaku Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai penunjukkan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri sudah melalui pertimbangan matang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dalam pengangkatan pembantu Presiden terpenting ada tiga hal, yakni amanah, kafaah dan kifayah,” imbuh KH Marsudi Syuhud, Rabu (13/1/2021).

Dikutip Kompas.tv dari siaran media Divisi Humas Polri, KH Marsudi Syuhud menekankan, pihaknya tidak mempermasalahkan latar belakang Listyo Sigit meskipun mantan Kapolres Solo tahun 2011 itu berstatus non-muslim.

Menurut dia, latar belakang agama tak bermasalah berdasarkan undang-undang dan hukum.

Dia pun memberi contoh, negara-negara Islam yang menunjuk pejabat mereka dari latar belakang non Muslim.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved