Breaking News:

Bawang Merah Asal Jawa Alami Kenaikan Harga di Pasar Tradisional Medan

Kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah peking. Saat ini bawang merah peking dijual Rp 26 ribu per kilogram. 

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
SEJUMLAH pembeli bertransaksi di Pasar Pagi Padang Bulan, Kamis (14/1/2021). Harga bawang merah asal Jawa mengalami kenaikan harga. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Harga bawang merah asal Jawa mengalami kenaikan harga. Dari pantauan Tribun-Medan.com di Pasar Pagi Padang Bulan, harga bawang merah asal Jawa dijual dengan harga yang lebih tinggi dari bawang lokal. 

"Hari ini bawang merah asal Jawa naik harganya. Sekarang kita jual Rp 34 ribu padahal bawang lokal asal Sumut Rp 28 ribu per kilogram," kata pedagang sayuran di Pasar Pagi Padang Bulan Tina, Kamis (14/1/2021). 

Kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah peking. Saat ini bawang merah peking dijual Rp 26 ribu per kilogram. 

"Bisa bawang peking sudah lebih mahal dari bawang bombay. Ini sekarang kita dapat barangnya mahal, busuk pula," keluhnya. 

Selain itu cabai rawit juga masih cukup tinggi di harga Rp 60 ribu per kilogram. Sementara bawang putih dijual dengan harga Rp 24 ribu per kilogram. 

Sementara di Pasar Simpang Limun Medan bawang merah lokal dijual Rp 24 ribu per kilogram. Bawang putih dijual di harga Rp 24 ribu per kilogram.

"Kalau Jawa kita nggak ambil. Harganya juga sedang tinggi sekarang. Cabai merah sekarang Rp 48 ribu," kata pedagang Aat.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut Gunawan Benjamin mengatakan setelah sekitar empat hari kebijakan PPKM diberlakukan di wilayah Jawa dan Bali, kenaikan harga bawang merah mulai terjadi. Dari pantauan pihaknya, harga bawang merah dari pulau Jawa mengalami kenaikan sekitar Rp 3.000 per kilogram.

"Ini seperti dugaan saya sebelumnya. Dari sejumlah pedagang besar atau distributor yang saya amati, terjadi kenaikan bawang merah asal Jawa dari rata-rata Rp 18 ribu hingga 19 ribu per kilogram, menjadi Rp 21ribu hingga Rp 22 ribu per kilogram," katanya. 

Benjamin mengatakan ditingkat pengecer sejauh ini harga bawang merah asal Jawa dikisaran Rp 28 ribu hingga Rp 29 ribuan per kilogram. Sementara harga bawang lokal dari wilayah Sumut, harganya masih lebih rendah sekitar Rp 3.000 perkilogramnya. 

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved