Breaking News:

Vaksinasi di Sumut

Dinkes Karo Rencanakan Terima Vaksin Covid-19 Februari Mendatang

Untuk Provinsi Sumatera Utara, ada tiga daerah yang sudah mendapatkan pasokan vaksin yaitu Kota Medan, Kota Binjai, dan Kabupaten Deliserdang.

Tribun-Medan.com/Muhammad Nasrul
KEPALA Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala, M.Kes. 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara sudah mulai melakukan vaksinasi. hari ini, Kamis (14/1/2021). 

Untuk Provinsi Sumatera Utara, ada tiga daerah yang sudah mendapatkan pasokan vaksin yaitu Kota Medan, Kota Binjai, dan Kabupaten Deliserdang. Sedangkan untuk daerah lainnya, sampai saat ini masih menunggu jadwal pemberian vaksin dari provinsi.

Ketika ditanya perihal kapan Kabupaten Karo mendapatkan pasokan vaksin produksi Sinovac ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala M.Kes menjelaskan, jika direncanakan pihaknya akan mendapatkan vaksin dari provinsi sekitar bulan Februari mendatang.

"Rencananya untuk Kabupaten Karo kita akan mendapat pasokan vaksin pada bulan Februari. Cuma untuk tanggal pastinya masih kita lihat lagi nanti," ujar Irna saat dikonfirmasi, Kamis (14/1/2021).

Irna mengatakan sesuai informasi yang didapat dari provinsi Kabupaten Karo mendapatkan jumlah vaksin sebanyak kurang lebih 1380 dosis.

Namun begitu, dirinya menyebutkan nantinya pihaknya akan menerima arahan lebih lanjut mengenai bagaimana proses penerimaan vaksin ini. Apakah nantinya pihaknya harus menjemput vaksin ini ke provinsi, atau Dinas Kesehatan Provinsi yang akan mengantarkannya ke Karo.

"Jumlahnya kurang lebih 1380 dosis. Kita masih belum tau apakah nanti diantar ke sini, atau kita harus menjemputnya ke provinsi," katanya.

Diketahui, mulai dari tingkat pusat hingga provinsi yang dilakukan hari ini orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin ini ialah kepada daerah seperti presiden dan gubernur. Ketika ditanya apakah nantinya pihaknya akan menerapkan hal serupa, Irna membenarkan hal tersebut. Nantinya untuk tahap pertama ini, vaksin akan diutamakan diberikan ke kepala daerah yaitu bupati dan tenaga kesehatan.

"Iya nanti yang diutamakan diberikan vaksin itu bupati dan tenaga kesehatan. Kalau tenaga kesehatan mungkin belum semua, cuma yang sudah mendapatkan konfirmasi nantinya akan diberikan terlebih dahulu," ungkapnya.

Irna menambahkan, pihaknya sampai saat ini juga masih menunggu arahan lebih lanjut seperti apa nantinya proses pemberian vaksin. Dirinya juga berharap kepada masyarakat,  saat vaksin sudah tiba di Kabupaten Karo masyarakat bersedia untuk diberikan suntikan vaksin Covid-19 ini. (cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved