Breaking News:

Vaksinasi di Sumut

Siapkan 1400 Dosis, RS Pirngadi Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 Pekan Depan

Dalam pelaksanaan vaksinasi pekan depan, RS Pirngadi akan menyetok 1400 dosis vaksin yang akan diambil pada Senin (18/1/2021) mendatang.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA
SEJUMLAH warga saat berada di depan Gerbang RS Pirngadi Medan beberapa waktu lalu. 

Tribun-Medan.com, Medan - RS Pirngadi direncanakan akan melakukan vaksinasi kepada para tenaga kesehatan (nakes) pada Rabu (20/1/2021) depan.

Hal ini diungkapkan Kasubag Humas RSUD dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin.

Dirinya mengatakan setiap nakes yang datang wajib menunjukkan e-ticket.

"Setiap warga yang datang ke rumah sakit menunjukkan e-tiket. E-tiket ini didapatkan dari SMS ke dua dari pihak Kementerian Kesehatan. Jadi warga hanya butuh bawa e-tiket. Kalau warga umum bawa KTP dan Kartu Keluarga. Karena sebagian ada yang tidak dapat SMS ke dua," ungkap Edison, Kamis (14/1/2021).

Dalam pelaksanaan vaksinasi pekan depan, RS Pirngadi akan menyetok 1400 dosis vaksin yang akan diambil pada Senin (18/1/2021) mendatang.

"Hari Senin nanti vaksin dijemput ke dinas. Target yang akan dijemput, sesuai jumlah dengan tenaga kesehatan di Pirngadi sementara. Kalau dokter sama perawat ada 600 - 700 dosis, berarti 1400 dosis," ujarnya.

Lanjutnya, didampingi petugas Vaksinator RS Pirngadi, Edison menuturkan jika vaksinasi akan dilakukan di Poli Penyakit Dalam. 

Untuk teknis pelaksanaanya, Edison menjelaskan bahwa akan ada tiga pos yang akan dilalui oleh peserta vaksinasi

"Jadi kami menyediakan meja satu untuk pendaftaran itu pakai layanan tiket online diinput ke dalam. Kemudian meja dua itu melakukan formulir screening dengan 16 pertanyaan, pemeriksaan tekanan darah disitu. Apabila ada salah satu jawabannya iya maka akan ditunda. Kemudian di meja tiga tempat penyuntikan. Setelah itu pasien di labeling di meja empat sekaligus menunggu 30 menit diawasi. Kalau tidak terjadi apa apa, maka pasiennya boleh pulang," jelas Edison.

Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan dua vaksinator mulai pukul 8 pagi hingga selesai dengan target 10-15 peserta vaksin per harinya yang akan dilengkapi dengan penggunaan APD tingkat dua. 

"Untuk melaksanakan nanti ada dua perawat dan satu dokter. Kami pakai masker bedah, sarung tangan sekali pakai, APD lainnya juga bila tersedia. Setiap hari bisa mencapai 10- 20 jukdisnya. Namun Pirngadi hanya menyediakan sampai 15 orang per harinya," pungkas Edison.(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved