Breaking News:

Vaksinasi di Sumut

Tenaga Kesehatan di Binjai Sudah Divaksin, Kepala Puskesmas: Rasanya Biasa Saja

Kepala Puskesmas Yustina Elvida menjadi orang pertama yang mendapatkan diberikan suntikan vaksinasi.

TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
KEPALA Dinas Kesehatan Kota Binjai, dr Sugianto memantau proses vaksinasi di puskesmas-puskesmas Kota Binjai, Kamis (14/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Kebijakan vaksinasi Covid-19 secara massal telah dilaksanakan di Kota Binjai. Tahap pertama vaksinasi diberikan kepada tenaga kesehatan di puskesmas-puskesmas Kota Binjai, Kamis (14/1/2021). 

Vaksinasi kepada tenaga kesehatan sesuai rencana awal untuk lebih dahulu diberikan. Proses vaksinasi ini dipantau langsung Kepala Dinas Kesehatan dr Sugianto didampingi Kabid P2P dr Indra Tarigan serta dikawal aparat Polres Binjai.

Kepala Puskesmas Yustina Elvida menjadi orang pertama yang mendapatkan diberikan suntikan vaksinasi. Pemberian sesuai pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan, dan setengah jam berada di ruangan observasi. 

Yustina mengakui, saat ujung jarum suntuk vaksin masuk menembus permukaan kulitnya, dirinya hanya terasa sedikit nyeri, seperti digigit semut. Seperti penyuntikan pada umumnya yang biasa diterima pasien yang disuntik. 

"Rasanya biasa aja, sama seperti saat kita sakit, lalu disuntik oleh dokter. Hanya nyeri sedikit. Sejak divaksin, belum ada kontra vaksin yang saya rasakan. Badan juga normal, meski awalnya ada rasa gelisah karena baru perdana divaksin," kata Yustina. 

Usai menerima vaksin, Yustina menyerukan dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi. Dirinya berharap kepada masyarakat agar tidak was-was atau takut untuk disuntik sebagai upaya pemerintah memerangi wabah pandemi Covid-19 yang tidak jelas kapan akan berakhir. 

"Mari sama-sama dukung program pemerintah. Masyarakat jangan takut dan tidak perlu cemas. Daftarkan saja diri untuk menerima vaksin apalagi tidak dikenakan biaya untuk masyarakat," katanya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai dr Sugianto menyampaikan bahwa vaksinasi di Binjai digelar lebih aeal dari rencana. Seharusnya vaksinasi digelar serentak dengan Kabupaten dan Kota lainnya di bawah Provinsi Sumut. 

"Ini kita di Binjai lebih awal karena memang pendaftaran sudah kita buka. Daerah lain mungkin besok sesuai rencana. Hari ini yang daftar masih sedikit, besok mungkin lebih banyak lagi karena dilaksanakan secara serentak," ujar Sugianto.

Diketahui Pemerintah Kota Binjai melakukan vaksinasi di sembilan lokasi, mulai dari puskesmas-puskesmas dan di Rumah Sakit Kesehatan Korem milik TNI.

Sekretaris Daerah Kota Binjai, M Mahfullah Daulay mengucapkan terima kasih kepada nakes dan pelaksana vaksinasi.

Dikatakannya, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemerintah memutus mata rantai Covid-19. 

"Pemko Binjai sudah rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat meyakinkan bahwa vaksin telah melalui berbagai proses pengujian dan aman untuk digunakan. Vaksin ini akan menambah imunitas dan semangat para tenaga medis dalam menangani pasien yang terpapar covid-19," katanya. (dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved