Breaking News:

Wabup Deli Serdang: Musik Kasidah Bantu Jaga Moral Masyarakat dari Gempuran Budaya Luar

Menurut Ali, tantangan perkembangan musik kasidah di Indonesia dipersulit dengan masuknya budaya musik luar yang tidak sesuai dengan akhlak dan moral.

DOK. Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang Ali Yusuf Siregar menghadiri acara pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Deli Serdang, bertempat di Balairung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Rabu (13/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang Ali Yusuf Siregar mengatakan, perkembangan seni musik kasidah saat ini memasuki periode yang cukup sulit.

Pasalnya, genre musik dari negara asing yang kian populer menjadi salah satu penyebab sulitnya kesenian kasidah tumbuh di Indonesia.

“Padahal musik kasidah bisa membantu menjaga moral masyarakat Indonesia dari gempuran budaya barat yang tidak sesuai dengan nilai-nilai moral dan akhlak,” ungkapnya, seperti dalam keterangan tertulis yang Tribun Medan terima, Kamis (14/1/2021)

Ungkapan itu disampaikan Ali saat melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Deli Serdang untuk periode 2020-2025 di Balairung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Rabu (13/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Ali berpesan kepada DPD LASQI untuk terus mengembangkan seni kasidah agar sesuai dengan perkembangan zaman.

“DPD LASQI harus bisa memberi gagasan berupa program-program baru, yang akan bisa mengembangkan seni musik kasidah,” jelasnya.

Ali pun menekankan, DPD LASQI memiliki peran yang penting sebagai salah satu wadah konsolidasi program pengembangan seni di Kabupaten Deli Serdang.

“Keberadaan LASQI di Deli Serdang selama ini memberikan kontribusi dalam menumbuhkan daya cipta para seniman serta meningkatkan apresiasi dan kreativitas seni kasidah,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Harian DPD LASQI Deli Serdang Alpin Hasibuan mengatakan, kasidah merupakan salah satu seni budaya yang memiliki banyak peminat di Deli Serdang.

Hal itu, kata Alpin, dibuktikan dengan banyaknya komunitas seni kasidah yang terbentuk di masyarakat.

Halaman
12
Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved