Breaking News:

Lewat Kegiatan Literasi, Pemkab Deli Serdang Berupaya Tekan Angka Buta Aksara

“Kegiatan literasi akan kami adakan di sekolah, perpustakaan, museum, gedung olahraga, rumah ibadah dan lainnya," ujar Wabup Deli Serdang Ali Yusuf.

Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
Wabup Deli Serdang Ali Yusuf Siregar saat membuka bincang literasi secara paralel yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Porabudpar) Deli Serdang di ruang Audio Visual Museum Daerah Deli Serdang, Rabu (13/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang Ali Yusuf Siregar mengatakan, pihaknya terus berupaya menekan angka buta aksara melalui berbagai kegiatan literasi.

“Kegiatan literasi di Deli Serdang akan kami adakan di sekolah, perpustakaan, museum, gedung olahraga, rumah ibadah, dan taman bermain, serta sarana lainnya,” ujar Ali, dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan, Sabtu (16/1/2021).

Adapun tujuan pengadaan kegiatan tersebut merupakan wadah yang dibuat untuk mendukung peningkatan literasi di Kabupaten Deli Serdang.

Pernyataan itu Ali sampaikan saat membuka bincang literasi secara paralel yang diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Porabudpar) Deli Serdang di ruang Audio Visual Museum Daerah Deli Serdang, Rabu (13/1/2021).

Bekerja sama dengan Sinar Budaya Group (SBG), Dinas Porabudpar mengangkat tema ‘Raja Mangkat Raja Menanam’ yang membahas tentang “konsep kepemimpinan”.

Arti dari konsep “Raja Mangkat Raja Menanam” menunjukkan bahwa setiap pemimpin harus mempunyai literasi yang tinggi dalam kepemimpinannya.

Perlu diketahui, latar belakang pemilihan tema tersebut berdasarkan peringatan 10 tahun mangkatnya Sultan Serdang IX, yaitu Marhom Tuanku Luckman Sinar Basarshah pada 13 Januari 2011.

Sultan Serdang IX sendiri merupakan tokoh pendiri SBG pada 1989.

Terkait dengan konsep kepemimpinan, Ali menjelaskan, untuk meningkatkan literasi diperlukan pula penanaman sifat-sifat pemimpin sejak usia dini.

Untuk itu, ia berharap, melalui bincang literasi tersebut para peserta mendapatkan asesmen diri, dan pengalaman baru serta menempah diri menjadi pemimpin berkarakter.

Halaman
1234
Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved