Breaking News:

TRIBUN-MEDAN-WIKI: Menilik Puncak Bukit Tangga Seratus di Sibolga

Nama destinasi wisata Puncak Bukit Tangga Seratus, bukan berarti mewakili jumlah anak tangga berjumlah 100.

Istimewa
Bukit Tangga Seratus 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Destinasi wisata di Sumut memang tergolong unik.

Keunikan tersebut terletak dari sisi kelangkaannya, baik destinasi wisata sejarahnya, maupun gedung-gedung atau bangunan cagar budaya. Satu di antaranya Puncak Bukit Tangga Seratus, di Kelurahan Pasar Baru, Kota Sibolga.

Nama destinasi wisata Puncak Bukit Tangga Seratus, bukan berarti mewakili jumlah anak tangga berjumlah 100.

Dilansir dari artikel Kemendikbud, jumlah anak tangganya berjumlah 298, itulah yang menjadi keunikannya.

Memang jumlah anak tangganya tak sedikit, tetapi saat sampai di Puncak Bukit Tangga Seratus keindahan panorama alamnya akan tersajikan.

Dari Puncak Bukit Tangga Seratus, para pengunjung dapat menikmati panorama alam Kota Sibolga yang eksotis dengan lautannya dan hamparan kapan nelayan. Tak hanya sebagai tempat melihat pemandangan indah Sibolga.

Namun, puncak tangga tersebut kadang dipakai masyarakat untuk olahraga. Dilansir dari Indonesia.go.id, di balik destinasi Tangga Seratus, ada sisi lain yang menjadi catatan sejarah Kota Sibolga. Masih ada goa peninggalan buatan tentara Jepang ketika menanjak Tangga Seratus.

Goa itu dulu dipakai tentara Jepang sebagai lubang pengintai untuk memantau pergerakan membahayakan atau mencurigakan. Goa buatan tentara Jepang itu terdapat satu pintu masuk dan dua lajur di dalamnya yang berbentuk huruf "Y".

Saat pertama kali dibangun di era kolonial Belanda, Tangga Seratus hanya berbentuk seperti bantaran rel kereta api yang menjulur ke arah puncak bukit.

Halaman
123
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved