Breaking News:

Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Deli Serdang Digelar, Bupati Ashari Tidak Lolos Screening

Hal tersebut dikarenakan faktor umur yang tidak sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) soal usia penerima vaksin, yaitu 18-59 tahun.

DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan saat menjalani proses screening penerima vaksin Covid-19 tahap pertama di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deli Serdang, Jumat (15/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.COM – Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan tidak lolos proses screening ketika hendak melakukan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deli Serdang, Jumat (15/1/2021).

Tidak hanya Ashari, Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, dan Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Deli Serdang Darwin Zein yang tidak lolos melewati proses screening.

Ashari mengatakan, hal tersebut dikarenakan faktor umur yang tidak sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) soal usia penerima vaksin, yaitu 18-59 tahun. Sementara, ia dan dua nama penerima lain berumur lebih dari 60 tahun.

Sebagai gantinya, Kapolresta  Kombes Pol Yemi Mandagi, Ketua Bhayangkari Polresta Deli Serdang  Boby Magdalena Lumbanbatu, dan Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara menjadi tiga penerima pertama vaksin Covid-29 tahap pertama di Kabupaten Deli Serdang.

“Untuk tahap pertama, Kapolresta bersama Ketua Bhayangkari Polresta Deli Serdang, Dandim 0204/DS beserta tokoh-tokoh lainnya divaksin. (Saya bersama) Wakil Bupati dan Sekda tidak di vaksin karena alasan medis," jelas Ashari dalam rilis yang diterima Tribun Medan, Sabtu (16/1/2021).

Dengan digelarnya vaksinasi tahap pertama, Ashari berharap, penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya Kabupaten Deli Serdang dapat berakhir.

Khusus RSUD Deli Serdang, Direktur RSUD Deli Serdang Hanif Fahri mengungkapkan, jumlah penerima vaksinasi tahap pertama di lokasi tersebut sebanyak 200 orang.

Mereka terdiri dari tenaga kesehatan (nakes), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan tokoh masyarakat.

Terkait batalnya Bupati Deli Serdang menerima vaksin, Hanif mengatakan, berdasarkan juknis ada ketentuan usia 60 tahun tidak disarankan untuk divaksin Covid-19.

"Secara juknis, usia beliau sudah lebih dari 60 tahun. Karena itu, Bupati tidak disarankan atau belum diperkenankan untuk mendapatkan vaksin Covid-19," katanya.

Selain RSUD Deli Serdang, vaksinasi juga digelar di 34 Puskesmas yang tersebar di Deli Serdang.

Penulis: Hotria Mariana
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved