Breaking News:

Update Covid19 Sumut 17 Januari 2021

Pemkab Karo Lakukan Simulasi Pelaksanaan Kegiatan di Jambur Sesuai dengan Protokol Kesehatan

Kegiatan simulasi ini mengingat masa pandemi penyebaran virus Corona (Covid-19) namun banyaknya kegiatan masyarakat yang dilaksanakan di jambur.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
PEMKAB Karo melakukan simulasi pelaksanaan kegiatan di Jamburta Ras, Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Jumat (15/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, BERASTAGI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melakukan kegiatan simulasi pelaksanaan segala bentuk kegiatan yang diselenggarakan di balai pertemuan (jambur), Jumat (15/1/2021).

Kegiatan simulasi ini mengingat masa pandemi penyebaran virus Corona (Covid-19) namun banyaknya kegiatan masyarakat yang dilaksanakan di jambur.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengungkapkan, simulasi ini dilakukan untuk mencegah kegiatan yang dilakukan di jambur menyalahi protokol kesehatan.

Seperti diketahui, setiap pelaksanaan segala bentuk kegiatan seperti kegiatan adat baik pesta maupun duka pasti ramai.

"Untuk itu, simulasi ini kita harapkan nantinya walaupun ada pelaksanaan kegiatan di jambur tetap menyesuaikan dengan protokol kesehatan," ujar Terkelin, saat ditemui di Jamburta Ras, Jalan Jamin Ginting, Berastagi.

Terkelin mengatakan, pada simulasi ini Pemkab juga melibatkan pengelola jambur agar nantinya saat jambur tersebut digunakan oleh masyarakat dapat diterapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Dirinya menyebutkan, pada setiap kegiatan ada beberapa item yang harus diperhatikan seperti pembatasan jumlah masyarakat yang datang, dan seperti apa penerapan tempat duduk para tamu.

"Apa yang telah dipraktekkan dan dilihat, baik segi jarak antara perorangan saat  duduk di tikar, ini juga harus diperhatikan. Di sini pihak pengelola jambur perlu berperan agar setiap pelaksanaan kehidupan mempedomani Prokes. Setiap kegiatan harus dibatasi tamu yang datang 50 persen dari kapasitas, dan yang duduk juga harus menjaga jarak," katanya.

Jika nantinya pengelola jambur mendapatkan penyewaan dari masyarakat, Terkelin juga meminta agar pengelola turut melaporkan ke pihak Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo. Hal ini dikarenakan nantinya saat pelaksanaan kegiatan akan diawasi oleh tim dari Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Karo, seperti dari petugas kesehatan, Polisi, TNI, dan Satpol-PP.

"Tentu pihak pengelola jambur harus selalu berkoordinasi dengan Tim Satgas guna memberitahukan jika ada pesta di jambur, agar tim monitoring turun melakukan pengecekan dan pengawasan. Seyogianya, pesta di jambur itu harus fleksibel, jika sudah tidak ada kepentingan lain supaya langsung pulang, kemudian diganti dengan customer yang antre. Di sini lah nantinya koordinasi antara pihak hajatan dengan pihak Satgas," ungkapnya.

Di tempat serupa, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto mengatakan pihaknya menekankan kepada pengelola Jambur agar memperingatikan jumlah masyarakat yang datang di setiap kegiatan. Dirinya menyebutkan, selain jumlah masyarakat tata letak tampat duduk tamu harus disesuaikan sesuai dengan protokol kesehatan.

"Ketentuan ini harus berlaku sesuai yang disimulasikan ini ke depannya, jika tidak tim Satgas kecamatan yang akan menegur, dan bisa saja disuruh pulang di acara pesta tersebut," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo Munarta Ginting. Dirinya mengatakan, setelah simulasi ini pihaknya berencana akan menyurati dan menyertakan visual video simulasi bagi para pengusaha jambur wilayah berastagi dan kabanjahe.

Dirinya menyebutkan, hal ini dilakukan agar pengelolaan mengetahui seperti apa pengaturan yang sesuai dengan standar protokol kesehatan. Dirinya menyebutkan, simulasi ini juga digunakan sebagai referensi bagi pengelola lainnya jika jamburnya mengadakan kegiatan.

Kegiatan ini terlihat dihadiri oleh Kabid Parawisata Erma Julita, Kapolsekta Berastagi Kompol L Marpaung, serta Plt Camat Berastagi, Ijin Gurusinga. (cr4/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved