Breaking News:

Bantu Gerakan Pendonoran Plasma Konvalasen, Dinkes Sumut Serahkan 16500 Data Penyintas Covid-19

Alwi menjelaskan, setelah penyerahan belasan ribu data pasien Covid-19 ini, pihak PMI yang akan meneruskan untuk mengonfirmasi.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA
PENYINTAS Covid-19 saat melakukan pengambilan sampel darah untuk screening awal pendonoran Plasma Konvalesen di UDD PMI kota Medan, Senin (18/1/2021). 

Tribun-Medan.com, Medan - Dinas Kesehatan Sumut turut bersinergi dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) kota Medan untuk mendukung program pencanangan gerakan donor plasma konvalesen dari para penyintas Covid-19.

Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit membenarkan hal tersebut dan sudah memberikan data kepada PMI. 

"Data ada di kita terkait nama-nama penyintas Covid-19. Kita sudah berikan data tersebut kepada PMI dengan jumlah sekitar 16.500 nama penyintas," ungkap Alwi kepada Tribun-Medan.com, Selasa (19/1/2021).

Adapun data-data tersebut berisikan nama, NIK, alamat, nomor telepon, tanggal terkonfirmasi Covid dan tanggal sembuh. 

Alwi menjelaskan, setelah penyerahan belasan ribu data pasien Covid-19 ini, pihak PMI yang akan meneruskan untuk mengonfirmasi.

"Kita berikan data ke PMI dan PMI nanti yang akan menindaklanjutinya karena nanti akan dilihat apakah antibodinya masih tinggi setelah dinyatakan sembuh," ujarnya.

Dikatakannya, Dinkes Sumut belum memiliki jadwal pasti untuk secara rutin memberikan data para penyintas.

"Kita tidak ada jadwal khusus karena sesuai dengan permintaan PMI. Ini juga mungkin belum selesai ditindaklanjuti semua karena banyak itu," kata Alwi.

Saat dimintai tanggapan terkait penyintas yang enggan mendonorkan plasma, Alwi merasa yakin jika para penyintas pasti sukarela untuk mendonorkan plasma konvalesen.

"Kalau tindakan pendonoran ini tidak bisa dipaksa dan ini dilakukan secara sukarela. Saya kira pasti maulah mereka menyumbangkan apalagi sebelumnya mereka pernah berada di posisi tersebut. Ya kita harapkan banyak penyintas yang turut melakukan pendonoran plasma konvalesen ini," pungkasnya.(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved