Breaking News:

Vaksinasi Tenaga Kesehatan di Sumut

Dua Nakes di RSUP Adam Malik Batal Divaksin Usai Dinyatakan Positif Covid-19

Awalnya pihaknya telah menyiapkan vaksinasi untuk 60 nakes, namun data dari pusat hanya 52 orang nakes saja yang bisa dilakukan vaksinasi. 

TRIBUN MEDAN/VICTORY
KETUA Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP Adam Malik, dr Zuhrial Zubir. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebanyak 48 tenaga kesehatan (nakes) RSUP Haji Adam Malik Medan telah melakukan vaksinasi Covid-19 di Gedung Paviliun, Selasa (19/1/2021).

Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP Adam Malik, dr Zuhrial Zubir menjelaskan, seharusnya terdapat 52 nakes yang dilakukan vaksinasi. 

Namun terdapat dua nakes yang terkonfirmasi Covid-19. Satu orang menunggu hasil swab dan satu karena comorbid sehingga batal dilakukan vaksinasi. 

"Hari ini ada terdaftar 52 nakes tetapi empat tidak jadi. Karena dua terkonfirmasi Covid19. Ada satu orang yang menunggu hasil Covid-19 dan satu lagi berhalangan karena sesuatu hal," ungkapnya seusai dilakukan vaksinasi, Selasa (19/1/2021).

Zuhrial menerangkan, awalnya pihaknya telah menyiapkan vaksinasi untuk 60 nakes, namun data dari pusat hanya 52 orang nakes saja yang bisa dilakukan vaksinasi. 

"Jadi itu yang kita laksanakan sesuai dengan data yang bisa kita input ke pusat kendalinya. Sebenarnya kita persiapkan untuk 60 nakes satu hari ini dengan dua orang dokter menyuntik. Penyuntikan itu dimulai dari pukul 08.00 - 12.000 dan 13.000 - 15.00 rencananya tetapi dari pusat kita menerima ada 52 orang yang bisa melakukan vaksinasi dengan catatan tinggal 48 orang," ungkapnya. 

Dikatakannya,  terhadap ke-48 nakes tersebut proses vaksinasi berjalan dengan lancar. 

Para tenaga kesehatan akan diminta untuk menunggu 30 menit dan melihat perkembangan dari hasil vaksinasi. 

"Sampai saat ini berjalan dengan baik dan sudah ada beberapa yang dilakukan penyuntikan. Belum ada efek samping. Setelah disuntik vaksin kemudian ditunggu 30 menit apakah ada keluhan. Kemudian sewaktu pulang keluar dari tempat kita kalau ada sesuatu yang dialami maka ada call center yang bisa dihubungi dan kami siap untuk melayani keluhan yang terjadi," bebernya. 

Direktur Utama RSUP Adam Malik, dr Zainal Safri menjelaskan bahwa RSUP Adam Malik adalah rumah sakit pertama yang dilakukan vaksinasi di Sumut. 

"Hari ini kita sudah memulai vaksinasi untuk staf Adam Malik dan saya yakin ini yang pertama untuk rumah sakit di Sumut yang pertama," katanya saat diwawancarai.

Dirinya  menyebutkan bahwa total tenaga kesehatan (nakes) yang dilakukan vaksinasi berjumlah 1719 dan ada juga 300 nakes yang datang dari luar RS Adam Malik. 

"Kita terdaftar juga untuk tenaga kesehatan dari luar. Jadi semua yang sudah terdaftar akan kita vaksinasi di sini. Kita mendaftar ada 1.719 tenaga kesehatan dan yang terdaftar keseluruhan hampir 2.000 orang. Jadi ada 300an tenaga kesehatan dari luar dan kita akan melaksanakannya," beber Zainal.(vic/Tribun-Medan.com)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved