Breaking News:

Hampir Seluruh Kawasan Kabanjahe Padam Listrik Selama Empat Jam

Sebagian besar wilayah Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, mengalami gangguan pasokan listrik sejak Selasa (19/1/2021) sore.

Tribun Medan/Risky Cahyadi
Pemadaman listrik 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Sebagian besar wilayah Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, mengalami gangguan pasokan listrik sejak Selasa (19/1/2021) sore.

Gangguan yang menyebabkan padamnya arus listrik ini, terjadi kurang lebih selama empat jam.

Seorang warga Kecamatan Kabanjahe Pandi, mengaku jika ia mengetahui listrik padam sekira pukul 16.15 WIB sore tadi. Dirinya mengatakan, listrik baru kembali menyala sekira pukul 20.00 WIB malam.

"Mulai sekitar jam empat lebih tadi mati lampunya, enggak biasanya juga lama kali gini padamnya. Tapi kabarnya di Berastagi enggak, Kabanjahe saja yang padam listriknya," ujar Pandi.

Pandi mengatakan, jika memang terdapat gangguan atau pemeliharaan jaringan di kawasan Kabanjahe saja, pemadaman pasti diberitahukan terlebih dahulu. Namun, pada saat tadi listrik padam ia tidak mengetahui secara pasti. Dirinya mengatakan, dengan pemadaman yang cukup lama tadi aktivitasnya di rumah cukup terganggu, karena harus beraktivitas di tengah kegelapan.

"Itu makanya bingung juga tadi kok lama kali padam listriknya. Ya gitulah, meskipun sudah pakai lilin ya tetap ada yang kurang aja rasanya kalau mati lampu," katanya.

Warga lainnya Lestari, juga mengaku cukup heran dengan lamanya pemadaman listrik ini. Dirinya mengatakan, untuk di Kabupaten Karo terutama di Kabanjahe sendiri sangat jarang terjadi pemadaman listrik kecuali saat pemeliharaan jaringan.

"Iya heran juga lama kali matinya, soalnya jarang lali mati lampu. Sudah lama enggak mati lampu, sekalinya mati lampu lama pula," ungkapnya.

Amatan www.tribun-medan.com, di seluruh wilayah yang terkena pemadaman listrik tampak suasana yang gelap, terlebih saat memasuki petang. Bagi beberapa pertokoan terutama mini market, terlihat menggunakan genset untuk membantu memberikan pasokan listrik.

Berdasarkan informasi yang didapat, ternyata padamnya listrik ini akibat adanya gangguan pada instalasi regasifikasi milik Perta Arun Gas (PAG) yang menyuplai gas untuk PLTMG Arun dan pembangkit yang ada di UPK Belawan, Marine Vessel, dan pembangkit di Paya Pasir. Akibat gangguan tersebut, sistem kelistrikan di Sumatera bagian Utara kehilangan pasokan sebesar 1.063 MegaWatt (MW).

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved