Breaking News:

Manajemen PDAM Tirta Deli Kembali Wacanakan Kenaikan Tarif Air Baru

Kenaikan tarif baru sempat gagal berlaku Januari 2020 dan kembali gagal saat bulan April karena memasuki awal mula masa pandemi. 

TRIBUN MEDAN/INDRA
KANTOR PDAM Tirta Deli yang berada di Jl Tirta Deli Lubukpakam. 

TRIBUN-MEDAN.com, PAKAM - Manajemen PDAM Tirta Deli kembali mewacanakan untuk menaikkan tarif baru untuk penggunaan air bersihnya.

Wacana ini sudah dari akhir tahun 2019 diumumkan oleh manajemen namun untuk penerapannya berulang kali gagal.

Kenaikan tarif baru sempat gagal berlaku Januari 2020 dan kembali gagal saat bulan April karena memasuki awal mula masa pandemi. 

Informasi yang dihimpun saat ini Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Deliserdang ini pun mulai goyang. Hal ini lantaran biaya produksi yang dikeluarkan semakin besar. Disebut-sebut kalau rencana kenaikan tarif air baru yang akan diusulkan diatas 20 sampai 35 persen.

Direktur PDAM Tirta Deli, Batara Imbrahdjaya Nasution yang diwawancarai mengakui kalau kenaikan tarif air ini sangat perlu.

Meski menyadari saat ini masih dalam suasana masa pandemi, namun dianggap kenaikan memang sangat pantas lantaran sudah lama tidak naik.

Berdasarkan catatan pihaknya, sudah lima tahun lebih tarif air belum pernah naik.

"Saya akan ajukan (permohonan kenaikan tarif) ini karena memang kita sudah sangat berat sekali. Harga-harga bahan kimia yang banyak naik sekarang ini. Bahan kimia ini untuk memproduksi air sungai menjadi air bersih kan perlu bahan kimia. Kita sudah lima tahun nggak naik tarif airnya. Tirtanadi setiap hampir dua tahun sekali naik," kata Batara, Selasa (19/1/2021). 

Keputusan untuk boleh tidak naiknya tarif baru itu, lanjut Batara berada d itangan Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan.

Sebagai pimpinan di perusahaan ia mengaku sudah memikirkan bagaimana jalannya perusahaan. Makanya itu disebutnya sudah dari tahun lalu permohonan dari manajemen diusulkan. 

Halaman
12
Penulis: Indra Gunawan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved