Breaking News:

Update Covid19 Sumut 20 Januari 2021

Pemkab Karo Resmikan Laboratorium PCR RSU Kabanjahe, Ini Harapan Bupati Terkelin

Pemkab Karo meresmikan pengadaan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ada di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe, Rabu (20/1/2021).

Tribun-Medan.com/Muhammad Nasrul
Pemkab Karo melihat peralatan yang ada di dalam laboratorium PCR milik RSU Kabanjahe, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Rabu (20/1/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo meresmikan pengadaan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ada di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe, Rabu (20/1/2021).

Laboratorium ini ditempatkan di RSU Kabanjahe dikarenakan rumah sakit ini merupakan salah satu fasilitas rujukan untuk menangani pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

Amatan www.tribun-medan.com, laboratorium ini berada di lantai dua RSU Kabanjahe. Di dalam laboratorium ini, terlihat memiliki beberapa ruangan yang masing-masing menjadi tempat untuk pengetesan sampel tes swab untuk menguji apakah orang yang memiliki sampel tersebut terkonfirmasi Covid-19 atau tidak.

Setelah meresmikan fasilitas terbaru milik RSU Kabanjahe ini Bupati Karo Terkelin Brahmana, mengungkapkan dengan telah tersedianya fasilitas laboratorium ini dirinya berharap agar penyebaran virus corona di Kabupaten Karo dapat lebih cepat ditekan.

Dirinya mengatakan, dengan adanya laboratorium ini tentunya dapat memudahkan tim dari Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 untuk cepat mendapatkan hasil pengetesan sampel dari masyarakat.

"Dengan adanya alat ini, mudah-mudahan pemutusan mata rantai penyebaran virus corona dapat terlaksana. Karena sebelumnya, untuk mendapatkan hasil tes itu kita harus menunggu lama. Dengan laboratorium ini, tentunya hasil dapat lebih cepat diketahui," ujar Terkelin, saat ditemui di RSU Kabanjahe, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe.

Dengan adanya fasilitas ini, Terkelin juga berharap kepada seluruh petugas medis terutama yang berada di garda terdepan dalam penanganan pandemi ini dapat tetap terus semangat. Ia juga berharap, kepada seluruh petugas untuk memanfaatkan fasilitas ini dengan semaksimal mungkin dalam membantu masyarakat.

"Saya berharap kepada petugas untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. Dan juga saya meminta agar alat yang sudah disediakan ini benar-benar dijaga, supaya pemeriksaan dapat terus akurat," katanya.

Lebih lanjut, Terkelin meminta kepada semua pihak yang berwenang dalam proses pengujian sampel PCR ini agar tetap menjaga sterilisasi laboratorium dan peralatan yang ada. Setelah meresmikan laboratorium ini, Terkelin bersama Wakil Bupati Karo Cory Sebayang dan Forkopimda yang hadir melihat langsung seperti apa kondisi fasilitas yang belum lama ini selesai dibangun.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved