Breaking News:

Update Covid19 Sumut 20 Januari 2021

Pemprov Sumut Alokasi Dana Covid-19 Sebesar Rp 271 Miliar Lebih, Ini Rinciannya

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara pada tahun 2021 ini mengalokasikan dana covid-19 sebesar Rp 271 miliar lebih yang bersumber pada APBD

TribunVideo/Radifan Setiawan
ILUSTRASI Virus Corona/Covid-19 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara pada tahun 2021 ini mengalokasikan dana covid-19 sebesar Rp 271 miliar lebih yang bersumber pada APBD Sumut.

Alokasi dana covid-19 tersebut tersebar di 16 organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Sumut.

"Adapun totalnya Rp 271.404.709.191," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumut, Ismael Sinaga, Rabu (20/1/2021)

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPKAD Sumut, anggaran terbesar untuk penanggulangan covid-19 berada di Dinas Kesehatan yakni Rp 162.404.709.191.

Lalu disusul Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Rp 18 miliar, Rumah Sakit Haji Medan Rp 15 miliar, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Rp 15 miliar, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Rp 13 miliar, Biro Umum dan Perlengkapan Rp 10 miliar.

Selanjutnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Rp 8 miliar, Dinas Sosial Rp 5 miliar, Dinas Tenaga Kerja Rp 5 miliar, Dinas Perikanan dan Kelautan Rp 4 miliar, Dinas Perkebunan Rp 4 miliar, Dinas Komunikasi dan Informatika Rp 3,5 miliar, Rumah Sakit Jiwa Prof dr Ildrem Rp 3 miliar.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Rp 2 miliar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rp 2 miliar, dan terakhir Dinas Perhubungan Rp 1,5 miliar.

Alokasi anggaran penanganan covid-19 itu diperintukkan untuk pemenuhan upaya kesehatan, pelaksanaan imunisasi vaksin, stabilitas harga barang kebutuhan, bantuan sosial, program pengembangan UMKM, program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja, program penyediaan dan pengembangan sarana pertanian.

"Kemudian untuk pemulangan TKI/pekerja migran Indonesia, program penyekatan kegiatan masyarakat untuk penegakan protokol kesehatan dan sosialisasi 4 M (memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun), serta koordinasi antara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut dengan kabupaten dan kota," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa Pemprov Sumut tidak lagi melakukan refocusing anggaran untuk penanganan covid-19 di Sumut. Namun pemerintah mengalokasikan dana tersebut melalui OPD.

"Sedang proses. Jadi tidak lagi refocusing, tetapi dia menggunakan OPD-OPD yang berwenang di situ," ujar Edy, Selasa (19/1/2021).

Menurut Edy, anggaran covid-19 yang berada di OPD, juga telah mendapat persetujuan oleh DPRD Sumut saat pengesahan R.APBD tahun anggaran (TA) 2021 beberapa waktu lalu.

"Sudah diketok oleh DPRD dan berada di OPD yang bersangkutan," ucapnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved