Breaking News:

Update Covid19 Sumut 21 Januari 2021

Dana Penanganan Covid-19 Pemko Medan Dibebankan ke OPD, DPRD Ingatkan Agar Dimaksimalkan

DPRD mengingatkan setiap OPD yang memiliki sebagian anggaran untuk penanganan Covid-19 di Kota Medan agar memaksimalkan anggaran yang dimiliki.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Juang Naibaho
tribun-medan.com/Rechtin
Petugas saat memindahkan vaksin Covid-19 dari mobil box ke gudang vaksin Dinas Kesehatan Kota Medan, Rabu (13/1/2021). Kota Medan dalam vaksinasi tahap pertama ini mendapat kan jatah sebanyak 20.000 vial vaksin. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ketua Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Kota Medan, Robi Barus meminta kepada setiap OPD yang memiliki sebagian anggaran untuk penanganan Covid-19 di Kota Medan agar memaksimalkan anggaran yang dimiliki.

Berkaca dari tahun lalu, Robi berujar, besarnya anggaran dinilai tidak menjamin penanganan Covid-19 secara maksimal.

"Misalnya tahun lalu, anggaran Covid-19 sampai Rp500 Miliar, walaupun kita tahu anggaran itu tidak habis saking besarnya. Tapi kan jelas, kita tidak melihat ada perubahan besar dalam penanganan Covid-19 di Kota Medan," ujar Robi, Kamis (21/1/2021).

Robi menuturkan, keseriusan OPD masing-masing dalam memaksimalkan upaya pencegahan Covid-19 menjadi kunci dalam meminimalisir angka penularan di Kota Medan.

"Anggaran yang besar tidak menjamin penanganan yang maksimal, tetapi keseriusan masing-masing OPD dalam memaksimalkan pencegahan penyebaran virus dengan memaksimalkan anggaran yang ada yang menjadi kuncinya," tambahnya.

Saat ini, terangnya, pengawasan protokol kesehatan Covid-19 di Kota Medan tidak terlihat semakin baik.

Ia menilai, pengawasan Covid-19 di Kota Medan justru terlihat semakin longgar.

"Berapa besar pun anggaran penanganan Covid-19, kalau tidak dibarengi dengan semakin ketatnya pengawasan prokes, maka ini akan menjadi sia-sia.

Saya lebih setuju kalau pengawasan yang lebih ditingkatkan, kalau soal anggaran saya pikir itu relatif dan sifatnya hanya pendukung dari keseriusan kerja Satgas Covid-19," pungkasnya.

(cr14/tribun-medan.com)

Keterangan foto: tribun-medan.com/Rechtin
Petugas saat memindahkan vaksin Covid-19 dari mobil box ke gudang vaksin Dinas Kesehatan Kota Medan, Rabu (13/1/2021). Kota Medan dalam vaksinasi tahap pertama ini mendapat kan jatah sebanyak 20.000 vial vaksin.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved