Breaking News:

Data Bawaslu Toba, Terdapat 12 Laporan Selama Tahapan Pilkada 2020

Hanya ada 12 laporan sejak dimulainya tahapan hingga penetapan rekapitulasi perolehan suara.

TRIBUN MEDAN/MAURITS
PENETAPAN calon terpilih dalam Pilkada Toba 2020, Kamis (21/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Ketua Bawaslu Toba, Romson Purba mengatakan, sejak adanya Pilkada di Kabupaten Toba, Pilkada tahun 2020 bersama seluruh tahapannya merupakan pelaksanaan Pilkada yang paling aman dan kondusif.

Diakuinya, hanya ada 12 laporan sejak dimulainya tahapan hingga penetapan rekapitulasi perolehan suara.

“Saya secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Toba yang semakin dewasa dalam berdemokrasi,” kata Romson Purba.

Sementara itu, Komisioner KPUD Provinsi Sumut, Batara Manurung mengatakan, setelahhasil rekapitulasi pada 16 Desember 2020 yang lalu ditetapkan, maka diberi ruang bagi pasangan calon untuk mencari keadilan melalui Makamah Konstitusi.

Dikatakannya, untuk Sumut ada 11 daerah yang bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) dan ada 12 daerah yang tidak mendaftarkan sengketa di MK.

“Kami KPUD Provinsi sangat berbangga hati dengan KPUD Toba dan sekretariat, karena mulai dari awal tidak ada riak-riak keributan pada pelaksanaan Pilkada. Tentu itu tidak terlepas dari integritas lima Komisioner KPUD Toba,” paparnya.

Ditambahkannya, khusus untuk Toba, Batara Manurung mengapresiasi partisipasi kehadiran pemilih pada pelaksanaan Pilkada 9 Desember lalu.

“Untuk tingkat partisipasi pemilih Toba mencapai 79 persen, padahal target nasional hanya 77,5 persen. Tentu ini menjadi prestasi yang cukup membanggakan dan tak terlepas dari integritas lima komisoner KPU dan Bawaslu Toba,” puji Batara.

Sementara itu, Ketua KPUD Kabupaten Toba Henri Marudin Pardosi menuturkan, calon terpilih adalah Poltak Sitorus sebagai Bupati Toba dan Tony Simanjuntak sebagai Wakil Bupati Toba.

"Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toba, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Tahun 2020 adalah sebagai berikut: nama calon Bupati Poltak Sitorus, nama calon Wakil Bupati Tony Simanjuntak," ujar Henri Marudin Pardosi.

"Nomor urut 1, perolehan suara 63.945. Dan, partai pengusul adalah PDI Perjuangan, Perindo, dan PKP Indonesia," pungkasnya. (cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved