Breaking News:

5 Pandemi Terburuk Sepanjang Sejarah, Salah Satunya dengan Melakukan Hal Ini

Meski memakan banyak korban, namun inisiatif medis dan kesehatan masyarakat mampu menghentikan penyebaran penyakit lain.

24h
Pandemi virus Corona 

TRIBUN-MEDAN.COM – Tidak hanya di awal tahun 2020 saja dunia mengalami pandemi, nyatanya sepanjang sejarah beberapa pandemi terburuk,bahkan, sudah dilalui.

Meski memakan banyak korban, namun inisiatif medis dan kesehatan masyarakat mampu menghentikan penyebaran penyakit lain.

Saat peradaban manusia berkembang, begitu pula penyakit menular.

Sejumlah besar orang yang tinggal berdekatan satu sama lain dan dengan hewan, seringkali dengan sanitasi dan nutrisi yang  buruk, menyediakan tempat berkembang biak yang subur untuk penyakit.

Dan rute perdagangan luar negeri baru menyebarkan infeksi baru ke mana-mana, menciptakan pandemi global pertama.

Sepasang suami istri menderita lecet Black Death, wabah pes yang melanda Eropa pada Abad Pertengahan. Dari manuskrip Swiss Toggenburg Bible, 1411.

Sepasang suami istri menderita lecet Black Death, wabah pes yang melanda Eropa pada Abad Pertengahan. Dari manuskrip Swiss Toggenburg Bible, 1411. (bbc.com)

Berikut cara lima pandemi terburuk di dunia akhirnya berakhir.

1. Wabah Justinian — tidak ada yang tersisa untuk mati

Tiga dari pandemi paling mematikan dalam sejarah yang tercatat disebabkan oleh satu bakteri, Yersinia pestis, infeksi fatal atau dikenal sebagai wabah.

Wabah Yustinianus tiba di Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium, pada 541 M.

Halaman
1234
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Hai.Grid.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved