Breaking News:

KPUD Karo Siap Jalani Sidang Sengketa Pilkada di MK, Minta Diizinkan Buka Kotak Suara

Setelah terbitnya Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK), sengketa Pilkada Karo akan memasuki tahap sidang

Nasrul / Tribun Medan
Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan ST, saat ditemui di Kantor KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Setelah terbitnya Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK), sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karo akan memasuki tahap sidang.

Informasi yang didapat, MK juga telah mengeluarkan jadwal kapan akan dilakukannya tahap sidang awal yang direncanakan akan digelar pada Rabu (27/1/2021) mendatang.

Ketika ditanya perihal kesiapan menghadapi persidangan ke depan, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo Gemar Tarigan ST, mengaku pihaknya sudah siap.

Ia mengatakan, selain menyiapkan kuasa hukum dan tim yang akan menghadiri sidang di MK pihaknya juga telah mengetahui apa saja materi yang menjadi bahan gugatan dari kedua Paslon.

"Kita sudah dapat jadwal, direncanakan untuk Kabupaten Karo akan sidang tanggal 27 Januari ini. Kalau ditanya persiapan, kita sudah siap. Ada dua kuasa hukum yang kita siapkan, karena ada dua Paslon yang sengketa," ujar Gemar, saat ditemui di Kantor KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Jumat (22/1/2021).

Gemar menjelaskan, untuk jadwal sidang dari kedua Paslon ini direncanakan akan dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan.

Pasalnya, sesuai jadwal sidang dari MK mulai tanggal 26 Januari hingga tanggal 1 Februari, ada sekitar 100 daerah yang melayangkan gugatan. Sehingga, satu daerah akan dilakukan persidangan satu hari saja.

"Itu mungkin bersamaan sidangnya, makanya nanti tim kita bersama kuasa hukum berbagi tugas menghadiri sidang yang mana," katanya.

Ketika ditanya apakah pihaknya telah mengetahui perihal materi gugatan dari kedua Paslon ini, Gemar mengaku jika ia telah diberitahukan apa saja materi yang digugat oleh kedua Paslon.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved