Breaking News:

Kemendikbud Putuskan Muryanto Amin Tetap Jadi Rektor Terpilih, Pelantikan Dilangsungkan di Jakarta

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Plt Sekretaris Jenderal, Ainun Na'im menyampaikan bahwa pelaksanaan pelantikan rektor tetap dilaksanakan.

HO / Tribun Medan
DEKAN Fakultas Ilmu Sosial dan Politik USU, Dr. Muryanto Amin terpilih menjadi Rektor USU periode 2021-2026. 

Tribun-Medan.com, Medan - Keputusan terkait pelantikan Muryanto Amin akhirnya telah diputuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Berdasarkan SE Nomor 4607/MPK.A/RHS/KP/2021 pada Jumat (22/1/2021) mengenai Pelaksanaan Pelantikan Rektor Universitas Sumatera Utara Periode 2021-2026 mengeluarkan empat poin.

Adapun empat poin tersebut, diantaranya pertama, proses pemilihan rektor telah dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2020. Berdasarkan hasil pemilihan tersebut telah terpilih Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si sebagai rektor USU Periode 2021-2026.

Kedua, hasil rapat MWA pada tanggal 15 Januari 2021, dengan salah satu agenda persiapan pelantikan rektor USU periode tahun 2021-2026.

Poin ketiga, masukan dan keluhan masyarakat.

Poin keempat, Due Process of Law yaitu proses hukum yang semestinya atau proses hukum yang adil.

Berdasarkan empat poin tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Plt Sekretaris Jenderal, Ainun Na'im menyampaikan bahwa pelaksanaan pelantikan rektor akan tetap dilaksanakan.

"Maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu menyampaikan bahwa prosesi pelantikan rektor Universitas Sumatera Utara Periode tahun 2021-2026 tetap diselenggarakan oleh MWA USU pada tanggal 28 Januari 2021 di Jakarta," demikian isi SE tersebut.

Saat dikonfirmasi, Anggota MajelisWali Amanat (MWA) USU, Hasyim Purba membenarkan SE tersebut.

"Iya sudah beredar surat itu dari Pak Sekjen Kemendikbud. Sesuai dengan rapat MWA pada 15 Januari lalu. Kalau merujuk pada rapat lalu, benar pernyataan tersebut sejalan surat yang beredar," ungkap Hasyim kepada Tribun-Medan.com, Sabtu (23/1/2021) malam.

Dirinya juga menginformasikan terkait lokasi pelantikan Muryanto Amin selaku rektor terpilih yang akan dilaksanakan di Jakarta.

"Kalau soal tempat tergantung kementerian karena waktu rapat pemilihan kita lakukan di Jakarta. Waktu rapat tanggal 3 Desember kita lakukan di Kemendikbud dan tidak ada masalah," ucap Hasyim.(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved