Breaking News:

Update Covid19 Sumut 24 Januari 2021

Cegah Klaster Baru, Satgas Covid-19 Medan Perketat Pengawasan Prokes Tempat Hiburan dan Perbelanjaan

Tim gabungan Satuan Tugas Covid-19 yang terdiri dari Dinas Pariwisata, TNI, dan Polrestabes Kota Medan melakukan pengawasan protokol kesehatan

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Juang Naibaho
Tribun Medan/Rechtin
Tim gabungan Satuan Tugas Covid-19 yang terdiri dari Dinas pariwisata, TNI, dan Polrestabes Kota Medan melakukan pengawasan protokol kesehatan di kawasan Kota Medan, Sabtu (23/1/2021) malam. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tim gabungan Satuan Tugas Covid-19 yang terdiri dari Dinas Pariwisata, TNI, dan Polrestabes Kota Medan melakukan pengawasan protokol kesehatan (prokes) di kawasan Kota Medan, Sabtu (23/1/2021) malam.

Kegiatan tersebut sosialisasi untuk menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) sesuai dengan surat edaran wali kota Medan nomor 044/0404, Januari 2021 tentang pembatasan kegiatan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

"Sesuai juga dengan instruksi gubernur nomor 1 tahun 2021. Tujuan operasi gabungan ini untuk penerapan protokol kesehatan dan mencegah munculnya klaster baru di kota Medan," jelas Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata (DDIP) Dinas Pariwisata Kota Medan, Lilik kepada tribun-medan.com, di Jalan Bukit Barisan, Kecamatan Medan Barat, Sabtu (23/1/2021).

Lebih lanjut dikatakan Lilik, razia ini dilakukan oleh berbagai tim gabungan dengan shift atau pertukaran waktu dan pembagian lokasi.

"Kita pergunakan jadwal dan lokasi masing-masing untuk membagi personel. Terkhusus di wilayah yang berpotensi seperti Marelan, Johor," ujarnya.

Dikatakannya, untuk razia malam ini sifatnya persuasif.

Apabila ditemukan pelanggaran, pihaknya hanya melakukan tindakan pemberhentian kegiatan dan pembubaran kerumunan.

"Karena ini sifatnya persuasif ya, jadi kita melakukan sosialisasi dulu. Tapi kalau ada yang melanggar akan kita beri sanksi berupa pembubaran massa dan push up bagi yang tidak memakai masker," ucapnya.

Lilik berujar, pengawasan akan terus dilakukan hingga 31 Januari mendatang. Karena hingga tanggal tersebut, tempat hiburan dan lokasi perbelanjaan wajib tutup sebelum pukul 22.00 WIB.

"Mulai 14 - 31 Januari 2021 sesuai berlakunya surat edaran tersebut. Untuk malam ini kita bagi 2 waktu, ada yang 22.00 WIB dan 21.00 WIB. Khusus untuk hiburan malam dibatasi sampai 22.00 WIB dan yang lainnya 21.00 WIB," tuturnya.

Ia mengatakan, potensi pelanggaran sangat banyak ditemui di akhir pekan. Sementara untuk di hari biasa pelanggaran hampir tidak ada karena tempat wisata cenderung sepi.

"Biasa yang paling sering adanya kerumunan itu saat akhir pekan. Sabtu dan Minggu. Makanya kadang kita harus membubarkan massa yang berkumpul terlalu banyak," katanya.

Ia mengimbau selama Januari 2021 ini, warga Kota Medan dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan tidak menghabiskan waktu untuk berkumpul dan berkerumun di luar rumah.

"Karena ada tren peningkatan kasus ya di Januari 2021 ini, jadi kita mengimbau warga Kota Medan agar bisa menurunkan jumlah kasus dan angka penularan Covid-19 di Kota Medan bisa terkendali," pungkasnya.

(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved